Apa Sih Perhiasan Xuping

Apa Sih Perhiasan Xuping – Meskipun saat ini xuping sudah terbiasa digunakan sebagai salah satu aksesoris perhiasan wanita dewasa, namun pada kenyataannya masih banyak para penggemar perhiasan imitasi ini yang tidak tahu dan paham tentang perhiasan xuping. Xuping sebenarnya merupakan salah satu nama perhiasan dan aksesoris yang diproduksi khusus dari China dan terbuat dari bahan dasar tembaga. Koleksi perhiasan xuping juga tak lepas dari zat rhodium sebagai sentuhan akhir untuk membuat perhiasan ini semakin berkilau.

Xuping cocok digunakan untuk orang – orang yang biasanya memiliki alergi kulit dengan bahan imitasi. Daya tahan xuping bila digunakan dengan cara terawat dan tidak terkena cairan kimia, seperti parfum, kaporit, handbody, air asin / asam, sabun, dll, mungkin bisa mencapai kisaran waktu sekitar 1 tahun lebih. Namun apabila dipakai secara terus – menerus, maka daya tahan xuping mungkin dibawah 1 tahun (semuanya tergantung perawatan dalam pemakaian anda sehari – hari).

Baca : Pengertian Sensus Penduduk

Keunggulan lain dari xuping dibandingkan dengan aksesoris imitasi lainnya adalah xuping dapat dengan mudah dicelup / disepuh ulang jika warna aslinya sudah mulai pudar atau kusam. Namun kualitas hasil celupannya jika tidak dilakukan dengan cara profesional akan membuat kualitas perhiasan ini menjadi kurang bagus, memang tidak akan sekuat kualitas warna asli saat pertama digunakan. Apabila anda ingin mendapatkan kualitas warna kuning keemasan seperti layaknya perhiasan emas asli, maka xuping bisa menjadi pilihan tepat jika dibandingkan dengan perhiasan yang menggunakan bahan – bahan tembaga lainnya.

Selain berwarna keemasan, xuping sekarang ada yang didesain berwarna silver diperuntukkan khusus bagi para penggemar perhiasan putih karena mudah dimodifikasikan dengan pakaian atau busana yang sedang akan kenakan untuk berbagai acara. Namun, jika ingin masih tetap memperoleh kualitas warna keemasan dari xuping, maka setelah selesai dipakai, sebaiknya segera dilap dengan tissue atau kain halus pembersih kacamata. Selanjutnya masukkan ke dalam kantong atau kotak – kotak perhiasan, dan hindari dari kelembaban.

Koleksi perhiasan xuping ada dalam beragam bentuk seperti anting – anting, gelang, cincin, kalung, hingga bros atau setelan. Ada juga xuping yang bermahkota mutiara dalam dua warna pilihan yaitu mutiara hitam dan mutiara putih.

Diketahui bahwa nucleus terselip antara mantel dan cangkang sebagai rumah kerang di dasar lautan, bisa menghasilkan mutiara – mutiara setengah bundar dan bundar. Perintis perhiasan xuping dengan bermahkotakan mutiara di Jepang pertama kali dirintis oleh Mikimoto, Nikishawa, Machii dari Jepang (dari berbagai sumber), adalah perintis budidaya mutiara dengan teknik modern. Mutiara akan dihasilkan dari kerang – kerang yang dikembangbiakan di air tawar maupun air laut. Salah satu yang membuat mutiara ini menjadi barang mahal, karena sulitnya mendapatkan hasil yang diharapkan yaitu cantik kemilau.

Xuping lebih banyak memanfaatkan mutiara air laut biasa karena mempunyai warna yang lebih cemerlang dan lebih kuning. Harganya relatif lebih mahal terutama buatan Jepang karena memang untuk memperolehnya sangatlah sulit, apalagi yang berasal dari kerang laut dan benar – benar dari alam liar. Berbeda dengan mutiara air tawar, bentuknya tidak terlalu bulat, terkadang ada yang lonjong, dan warnanya kurang bersinar.  dan tidak lebih putih.

Baca Juga : Unsur Identitas Nasional

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *