Arti Ambigu Adalah

Arti Ambigu Adalah – Pernahkah Anda mendengar kata “ambigu”? Ya, kata yang satu ini kerap kali dilontarkan oleh orang-orang ketika tidak mampu memaknai apa yang dibaca atau yang didengarnya. Artinya, ambigu diidentikkan dengan sesuatu yang memiliki makna ganda atau membingungkan sehingga menyulitkan orang-orang dalam mengambil kesimpulan terhadap apa yang dibaca atau yang didengarnya tersebut.

Arti Ambigu Adalah
Arti Ambigu Adalah

Lalu, apakah sebenarnya definisi yang lebih tepat untuk menggambarkan kata “ambigu” ini?

Sebenarnya, terdapat beragam pendapat yang muncul mengenai makna ambigu yang sebenarnya. Lebih lagi, memahami makna ambigu harus secara menyeluruh dan tuntas sehingga mengerti apa yang yang dimaksud dengan ambigu itu sendiri.

Arti Ambigu Berdasarkan Pendapat Para Ahli

Untuk mengetahui arti ambigu yang sebenarnya, berikut adalah arti ambigu yang didefinisikan oleh para ahli.

  1. Whitman, dkk

Whitman, dkk menuturkan bahwa ambigu diinterpretasikan dengan “lebih dari satu”. Pada umumnya, ambigu dikaitkan dengan segala hal yang rumit dan sukar dimengerti. Lebih lagi, Whitman, dkk. Menuturkan tentang munculnya kata “ambigu” disebabkan oleh kesalahan intonasi, struktur kalimat yang rancu, dan pemilihan kata yang dinilai kurang tepat hingga bersifat polisemi.

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Kamus Besar Bahasa Indonesia mencatat bahwa arti ambigu adalah ketidakpastian dalam sebuah kondisi di mana terdapat keadaan yang tidak jelas dan sulit dipahami.

  1. Wikipedia

Wikipedia merupakan laman elektronik yang memuat beragam informasi seputar pengetahuan akademik dan umum. Salah satu topik yang tersedia di pencariannya adalah ambigu. Ambigu atau ambiguitas adalah sesuatu yang bersifat “taksa” atau memiliki banyak arti. Bisa saja ketaksaan tersebut datang dari gambar, kata-kata, ekspresi, dan lainnya.

  1. Warganet

Arti ambigu juga didefinisikan oleh warganet. Mereka mendefinisikan arti ambigu adalah sesuatu yang memiliki makna yang rancu. Pada umumnya, ambiguitas ditemukan pada meme, shitpost, ataupun status-status di sosial media.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai arti ambigu. Sudah dapat disimpulkan bahwa ambigu adalah suatu ungkapan yang dilontarkan ketika mendengar, melihat, atau membaca sesuatu yang memiliki makna ganda.

Lantas, apakah ambigu dapat disamakan dengan ketidakjelasan? Tentu saja itu sangat berbeda. Ketidakjelasan merupakan suatu fenomena yang sulit ditafsirkan karena memang tidak jelas. Berbeda dengan ambigu yang secara nyata memiliki banyak makna.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *