Panduan Budidaya Tanaman Kacang Panjang

Budidaya Tanaman Kacang Panjang – Kacang panjang adalah tumbuhan yang bisa dijadikan sayur ataupun lalapan.

Panduan Budidaya Tanaman Kacang Panjang
Panduan Budidaya Tanaman Kacang Panjang

Kacang panjang ini tumbuh dengan cara melilit atau memanjat, tanaman ini banyak tumbuh di kawasan panas di Asia. Kacang panjang memiliki ukuran yang panjang dan berwarna hijau dalamnya kacang panjang ini berisi biji halus dan lunak oleh karena biji itu bisa dimakan. Daun kacang panjang ini dinamakan lembayung dan dapat dimasak juga.

Kacang panjang dapat ditanam setiap iklim tapi  waktu tanam yang baik adalah awal atau akhir musim hujan. Kacang panjang dapat tumbuh dengan baik pada tanah dengan ketinggian 0-800 m dpl.

Untuk jenis tanah yang cocok bagi pertumbuhannya adalah latosol/lempung berpasir, regosol dan alluvial dengan pH sekitar 5,5 – 6,5. Untuk suhu udara yang dibutuhkan 18-32º C dengan suhu optimal 25 ºC. Kacang panjang ini membutuhkan banyak sinar matahari dan curah hujan berkisar antara 600-2.000 mm/tahun.

Langkah-langkah Budidaya Tanaman kacang panjang

1). Pemilihan benih

Benih kacang panjang yang digunakan pilihlah benih yang berkwalitas dan super, adapaun cirinya adalah sebagai berikut

  • Penampilannya benih tersebut bernas atau tidak keriput
  • Benihnya tersebut murni, maksudnya tidak bercampur dengan varietas ataupun kotoran lain
  • Daya kecambahnya 85 % atau bisa lebih
  • Tidak rusak atau cacat
  • Tidak terinfeksi suatu penyakit

2). Persiapan Lahan

Tahap pertama adalah bersihkan tanah dari gulma-gulma atau bekas-bekas tanaman. Setelah itu gemburkan dengan cara dibajak maupun dicangkul. Buat parit di sekitar, biarkan tanah terseut  kering selama 15-30 hari.

Setelah 30 hari membuat bendengan dengan lebar sekitar  60-80 cm, jaraknya antara setiap bedengan 30 cm, dengan tinggi 30 cm, panjang tergantung pada tanah yang Anda miliki

Lakukan pengapuran jika pH tanah lebih rendah dari 5,5 dengan dosis keasaman tanah tergantung. Berilah kapur pertanian seperti kalsit, dolomit, atau zeagro dari 1-2 ton / ha dan itu tergantung pada pH awal serta jumlah aluminium.

Campurkan secara menyeluruh dengan tanah pada kedalaman 30 cm. Setelah dilakukan pengapuran diamkan beberapa hari berilah pupuk dasar, berilah  kandang/pupuk organik Super TW Plus, dicampur merata dengan tanah sambil dibalikkan.

3). Penanaman

Proses selanjutnya adalah penanaman, waktu yang baik untuk penanaman adalah diakhir musim hujan karena jika waktu musim hujan maka tanaman kacang panjang akan busuk.

  • Buatlah lubang untuk ditanami benih dengan jarak antara 30×60 cm. Jarak tanam ini sangat mempengaruhi karena jika terlalu rapat tidak bagus.
  • Setelah dibuat lubang isi dengan benih kacang panjang. Setiap lubang beri 2-3. Setelah itu tutup lagi dengan tanah secara tipis agar bisa tumbuh.

4). Perawatan

  • penyiangan

Lakukan rutin penyiangan, biasanya tanaman kacang panjang yang mulai merambat akan banyak gulma maupun rumput liar. Penyiangan dilakukan agar tidak menggangu pertumbuhan

  • Penyulaman

benih kacang panjang akan tumbuh dalam waktu 3-5, dan apabila ada benih yang tidak tumbuh lakukan penyulaman lalu tanam kembali dengan benih yang baru.

  • Pupuk susulan

Berikan pupuk susulan pada tanaman setelah 4 minggu setelah ditanam, pupuk yang dierikan ialah berupa urea 150 kg/ha. Sedangkan pupuk susulan untuk kacang panjang untuk  tipe tegak diberikan 4 minggu setelah tanam, pupuk yang diberikan adalah  urea 85 kg/ha.

  • Pengairan

Penyiraman harus dilakukan rutin apalagi jika itu musim kemarau, lakukan pengairan pagi dan sore hari

  • penangulangan hama

Pada proses cara Budidaya Tanaman Kacang Panjang pasti akan ada  namanya serangan hama. Hama pada tanaman kacang panjang biasanya adalah dari jenis serangga contohnya ulat, ulat tanah (uret), lalat bibit, kutu kebul dan aphids.Tapi diantara semua yang paling sering adalah ulat. Ulat ini bermacam-macam jenisnya.

Untuk mengatasi hama ulat gunakanlah insektisida berbahan aktif metomil atau juga deltametrin, lakukan penyemprotan pada sore hari. Karena penyemprotan di pagi dan siang hari tidak akan efektif mengatasi hama tersebut.

5). Panen

Kacang panjang dapat dipanen ketika umur 50-60 hari. Panen ini bisa di lakukan tiap hari. Bahkan jika tanaman sangat produktif maka panen bisa anda lakukan pagi serta sore. Kacang panjang yang dipanen ialah yang belum terlalu tua.

Demikianlah informasi yang bisa zulseffort.com sampaikan saat ini semoga bisa bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *