Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Salak

Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Salak – Salada dalah jenis tanaman buah yang sangat mudah ditemukan pada toko-toko buah. ada banyak petani yang membudidayakan tanaman salak dan menjadi salah satu tanaman yang sangat bermanfaat.

Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Salak
Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Salak

Dari kelopak bunganya salak termasuk dalam jenis bunga tidak sempurna karena pada satu bunga hanya mempunyai satu organ seksual saja.

Oleh sebab itu Anda yang berminat untuk menanam tanaman ini perlu mengetahui bagian-bagian penting Bagaimana bentuk dan morfologi dari bunga salak jantan dan bunga salak betina.

Secara morfologi bunga salak dibagi menjadi 3 Jenis tanaman yaitu, salak campuran, salak jantan, dan salak betina. berikut ini adalah penjelasan mengenai kondisi morfologi dan karakter dari masing-masing bunga salak.

Bunga salak campuran

Bunga salak campuran merupakan jenis bunga yang terdiri dari tongkol bunga jantan dengan bunga sempurna.

Bunga salak jantan

Dari segi ukuran bunga salak jantan lebih kecil dari bunga salak betina. bentuk dari bunga salak jantan menyerupai biji pinus atau strobilus jantan. jumlah Malai pada bunga salak jantan ada empat buah Malai.

Bunga salak betina

Pada salak betina, ukuran bunganya lebih besar dari bunga salak jantan. Adapun jumlah Malai bunga salak betina hanya satu buah saja.

Yang perlu Anda ketahui dan anda perhatikan, Jika pohon salak akan menghasilkan bunga saat usia 3-4 tahun setelah penanaman, dalam kondisi yang cukup dewasa. sedangkan Anda yang menanamnya ketika pohon salak masih anak-anak makan salak akan berbunga ketika usia 1 sampai 2 tahun. dalam kondisi Mekar struktur anatomi bunga salak akan bertahan selama 2 hari saja.

Inilah cara Penyerbukan bunga salak

Hewan polinator untuk Penyerbukan bunga salak Contohnya seperti kupu-kupu, dan lebah. tetapi bunga salak dilakukan penyerbukan oleh kumbang.

  • Cara yang dapa dilakukan penyerbukan oleh kumbang yaitu bunga salak jantan yang mempunyai aroma kuat ketika mengalami pembungaan.
  • Ketika kumbang berada pada salak jantan yang masih kondisi berbunga, maka serbuk sari jatuh dan akan melekat pada tubuh kumbang.
  • Setelah itu bunga salak betina yang mempunyai aroma kuat dan berbunga akan dihinggapi oleh kumbang. saat kondisi inilah yang mendukung seperti kumbang membawa serbuk cari bunga salak jantan, dan akhirnya penyerbukan bisa terjadi.
  • Lalu menaruhnya di atas bunga salak betina. berhasilnya proses penyerbukan ini terjadi saat jumlah serbuk sari yang dibawa kumbang banyak sehingga pembuahan buah salak akan cepat terjadi.

Secara alamiah, kumbang akan menolong salak untuk tetap terjaga siklus hidupnya. salah satu tumbuhan berkeping satu ini ternyata bisa dilakukan penyerbukan dengan bantuan manusia.

karena mempunyai rasa buah yang asam dan manis serta banyak gizi dan nutrisi. tentu saja orang cara Penyerbukan bunga salak bukan suatu hal yang rumit bagi mereka yang memiliki Kebun Salak. Di bawah ini merupakan beberapa tahap yang bisa anda lakukan supaya Penyerbukan bunga salak berhasil.

  • Pilih bunga salak jantan dan contoh saja yang masih bagus. cara betina yang akan dilakukan untuk penyerbukan yaitu. bunga salak jantan dan betina dapat dilakukan penyerbukan yaitu bunga salak jantan yang menghasilkan serbuk sari yang banyak dan betina yang usianya sudah cukup untuk dilakukan penyerbukan.
  • Meletakkan bunga salak jantan pada bunga betina. Adapun bagian bunga salak jantan dapat dipotong menjadi 3 bagian supaya terjadi penyerbukan sendiri. hal semacam ini bisa mencegah serbuk sari yang kurang selama proses penyerbukan.
  • Tunggulah sekitar 1 bulan saat bunga jantan dan bunga betina menghasilkan bakal buah salak.

Baca Juga ; Pengertian Respirasi Aerob dan Anaerob

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *