3 Cara Menanam dan Membuat Tabulampot Untuk Pemula

Cara Menanam dan Membuat Tabulampot – Masih banyak yang merasa asing dengan kata tabulampot. Tabulampot adalah tanaman buah dalam pot.

3 Cara Menanam dan Membuat Tabulampot Untuk Pemula
3 Cara Menanam dan Membuat Tabulampot Untuk Pemula

Yap banyak sekali sekarang yang memang tidakpunya lahan yang luas tetapi bisa mempunyai tanaman buah. Bisa ditanam di pot da diletakkan di depan rumah meski halamannya sempit.

Cara Menanam dan Membuat Tabulampot

Masih banyak pula yang tidak tahu bagaimana cara menanam Tabulampot. Berikut adalah cara menanam dan membuat Tabulampot.

  1. Persiapan bibit

Pertama yang harus disiapkan adalah tentu bibitnya dahulu. Anda harus menentukan jenis tanaman apayang ingin anda tanam, kemudian siapkan bibitnya.

Lebih baik pilih bibit yang berkualitas dan lebih baik menggunakan bibit hasil perbanyakan vegetatif karena sudah pasti sifatnya sama dengan indukannya.

  1. Siapkan media tanam

Yang kedua adalah media tanam. Media tanam harus memenuhi kriteria kemampuan menyimpan air dan memenuhi kebutuhan menahan bentuk tubuh tanaman. Untuk membuat media tanam, anda bisa mencampur kompos, tanah dan arang dengan perbandingan 1:1:1

  1. Menanam bibit

Selanjutnya adalah tanam bibit yang sudah anda siapkan di media tanam. Sebelumnya bersihkan dulu media tanam dari kerikil.

Untuk pertama penanaman anda bisa menggunakan ukuran pot yang kecil, tetapi jika sudah agak besar, bisa anda ppindah di pot yang ukurannya lebih besar, agar memberi ruang untuk tanaman anda.

Tidak boleh mengisi pot dengan media tanam langsung, anda butuh menaruh pecahan genteng di dasar pot dan tambahkan ijuk , barulah anda bisa memasukkan media tanam yang sudah anda siapkan tadi.

Untuk mengurangi penguapan, anda boleh memangkas beberapa batang atau daunnya. Jika sudah maka buka polybag dan letakkan bibit dalam pot. Pastikan tanaman tidak roboh.

Untuk awal penanaman letakkan tanaman ditempat yang agak teduh supaya bisa beradpasti. Lakukan penyiraman rutin pada pagi dan sore.

Setelah kurang lebih seminggu anda bisa memindahkan tabulampot ke tempat yang memperoleh paparan sinar matahari.

Itulah beberapa tahapan untuk menanam Tabulampot, jangan lupa menyirami tanaman anda serta rutin memangkas daun atau ranting-ranting yang sekiranya mengganggu serta lakukan pemupukan secara teratur. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Merah

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *