Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Wortel

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Wortel – Halo guys pastinya kita mengenal nama tanaman umbi-umbian yang berwarna orange ini, ya tanaman ini bernama wortel. Tanaman ini dikenal sebagai sayuran yang banyak mengandung vitamin A.

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Wortel
Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Wortel

Wortel sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, apalagi saat tubuh kita sedang tidak sehat atau saat penglihatan mulai kabur. Bahkan wortel cocok  ditanam di lingkungan atau perkarangan sekitar rumahnya atau lahannya untuk dikonsumsi keluarganya sendiri.

Namun, walaupun menyehatkan tanaman ini juga dapat terserang penyakit atau hama yang menggangunya selama masa pertumbuhan tanaman tersebut. Oleh sebab itu kita harus waspada dan sangat penting sekali untuk belajar cara mengatasi hama atau penyakit pada tanaman wortel tersebut.

Hama tanaman wortel ada bermacam-macam diantaranya sebagai berikut :

  1. KUTU DAUN ( APHID, APHIS SPP )

Nah hama ini memiliki ciri-ciri warna hijau yang kehitaman, yang memiliki bentuk kecil dan juga mempunyai bulu yang halus pada sekitar tubuhnya. Biasanya hama ini dapat menyerang dan menghisap sari pati pada daun. Tandanya adalah tanaman yang terserang akan menunjukkan gejala daun yang menguning, berlubang bahkan kering dan lalu mati.

CARA MENANGGULANGI

Pada hama ini dapat ditanggulanginya dengan cara melakukan sanitasi pada lahan serta penjarangan tanaman. Selain itu, dapat menggunakan pestisida untuk memberantas hama ini, tetapi tidak disarankan karena dapat mempengaruhi kualitas wortel

  1. ULAT TANAH ( AGROTIS IPSILON HUFN )

Untuk mengetahui pada jenis hama ini, hama ini memiliki ciri-ciri berwarna kecoklatan mempunyai badan 4-5 cm, hidup dalan tanah. Hama ini dapat menyerang pada bagian akar tanaman, pada tanaman akan memperlihatkan gejala seperti layu lalu kering kemudian mati.

CARA MENANGGULANGI

Pada hama ini dapat diatasi dengan cara melakukan penyemprotan pestisida atau dengan cara manual dengan mengambil ulat tersebut satu-persatu kemudian membuangnya jauh dari lahan.

  1. LALAT ( PSILE ROSAE )

Hama ini juga memiliki ciri-ciri yang dapat dikenali seperti memiliki warna hitam hingga hijau, terlihat belang-belang coklat pada tubuhnya. Hama ini menyerang pada bagian buah tanaman. Gejala yang diperlihatkan pada tanaman ialah membusuknya bagian dalam tubuh tanaman, buah yang menjadi berlubang atau buah yang tumbuh secara tidak normal.

CARA MENANGGULANGI

Untuk hama ini dapat diberantas dengan cara membuat perangkap lalat serta sanitasi lahan dan tentunya dengan penyemprotan pestisida secukupnya.

Selain hama tanaman wortel juga memiliki macam-macam penyakit seperti berikut :

  1. NEMATODA BINTIL AKAR

Pada tanaman wortel nematoda bintil akar ini disebabkan oleh Heterodera carotae. Apabila tanaman tersebut terserang hama ini memiliki ciri-ciri seperti munculnya bintik-bintik pada umbi tanaman serta menyababkan umbi tanaman tersebut mengalami rusak hingga terjadi kecacatan pada tanaman wortel tersebut.

CARA MENGATASI

Bila pada tanaman tersebut terkena penyakit ini dapat dicegah dengan cara melakukan perendaman benih sebelum tanah dengan larutan fungisida. Apabila pada tanaman yang tertular sebaiknya dicabut kemudian dibakar, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penyebaran penyakit.

  1. BERCAK DAUN

Pada tanaman yang bercak daun ini disebabkan oleh Cercospora sp. Untuk mengenal atau mengetahui apabila terserang tanaman tersebut memiliki ciri-ciri akan terlihat munculnya bercak-bercak hitam atau coklat pada bagian permukaan daun tua. Apabila dibiarkan maka akan menimbulkan kecacatan pada tanaman wortel dan dapat mempengaruhi kualitas wortelnya.

CARA MENGATASI

Pada tanaman tersebut yang terserang dapat diatasi dengan cara melakukan sanitasi lahan secara teratur dan jika tanaman tersebut tertular dapat diatasi dengan membakar hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penyebaran penyakit.

  1. BUSUK ALTERNARIA

Penyakit ini disebabkan oleh Alternaria dauci, jika tanaman tersebut terserang memiliki ciri-ciri pada tanaman terlihat bercak coklat tua kehitaman pada daun. Apabila kondisi tersebut dibiarkan maka akan menyebabkan daun menjadi layu bahkan sampai mengering.

CARA MENGATASI

Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan sanitasi lahan atau dengan merendam benih dengan larutan fungisida dan dapat juga dengan menyemprot fungisida dithane hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran serta memberantas sumber penyakit.

Demikian penjelasan singkat mengenai hama dan penyakit pada tanaman wortel. Semoga dengan adanya artikel tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda, sekian dan terima kasih

Baca Juga : Hama dan Penyakit Tanaman Sawo

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *