Contoh dan Macam-macam Segmentasi Pasar

Contoh dan Macam-macam Segmentasi Pasar – Segmentasi pasar adalah pengelompokan pasar pada segmen-segmen tertentu berdasar apa yang dibutuhkan konsumen, perilaku konsumen, dan karakteristik setiap konsumen.

Contoh dan Macam-macam Segmentasi Pasar
Contoh dan Macam-macam Segmentasi Pasar

Jadi, berdasarkan pengertiannya, segmentasi pasar memiliki contoh dan macam-macam dari segmentasi pasar itu sendiri. lalu, apa saja contoh segmentasi pasar tersebut? Berikut adalah ulasannya.

Baca Juga : Pengertian Kompensasi

Macam-macam dan Contoh Segmentasi Pasar

Terdapat beberapa jenis atau macam-macam segmentasi pasar, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Segmentasi Demografi

Segmentasi pasar secara demografi dikelompokan berdasarkan tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, jenis kelamin, dan usia. Contohnya: pengelompokan distribusi pasar berdasarkan kebutuhan wanita atau pria, rentang usia tertentu, dan ras.

  1. Segmentasi Geografi

Segmentasi pasar secara geografi dibedakan berdasarkan wilayah yang meliputi negara, kota, maupun desa. Contohnya: Jawa Barat, Bandung Kota, Baandung Kabupaten, dan lainnya.

  1. Segmentasi Psikografi

Segmentasi pasar secara psikografi terarah pada respon segmentasi demografi. Contohnya pendapat, gaya hidup, hobi, dan lainnya.

  1. Segmentasi Sosiokultural

Segmentasi pasar berdasarkan sosiokultural dikelompokkan berdasarkan kelas sosial, kebudayaan, dan silsilah keluarga.

  1. Segmentasi Hubungan Secara Ekstrim

Segmentasi pasar yang dikelompokkan berdasarkan segmentasi hubungan secara ekstrim adalah segmentasi yang didasari oleh tingkat kesadaran, tingkat penggunaan, dan loyalitas terhadap merk.

  1. Segmentasi Situasi

Segmentasi pasar berdasarkan situasi didasari oleh pengambilan keputusan konsumen dalam menentukan produk yang akan dibeli.

  1. Segmentasi Benefit

Segmentasi pasar berdasarkan benefit dikelompokkan oleh manfaat produk yang dipilih oleh konsumen. Identifikasinya tergantung pada kualitas, manfaat sosial, nilai uang, emosi negatif dan emosi positif.

  1. Segmentasi Tingkah Laku

Segmentasi pasar berdasarkan tingkah laku diidentifikasi atas reaksi konsumen terhadap produk, sikap, pengetahuan, dan pemanfaatan.

Beberapa contoh produk yang telah disegmentasi, di antaranya:

  • Aqua

Segmentasi psikografi Aqua menyasar pasar yang memiliki tingkat perekonomian lebih matang. Secara geografi, Aqua sudah tersebar ke seluruh penjuru Indonesia dan produk Aqua dapat dikonsumsi oleh semua umur baik laki-laki maupun perempuan.

  • Coca Cola

Produk Coca Cola terbaru “Zero Sugar” disegmentasi psikografi yaitu dikelompokkan oleh gaya hidup. Para konsumen yang sedang menerapkan hidup sehat namun tetap ingin memilih minuman berkarbonasi, dapat menjadikan pilihan produk ini sebagai alternatif.

Baca Juga : Pengertian Komunikasi Dinamis

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *