Contoh Kebutuhan Primer

Contoh Kebutuhan Primer – Dalam hidup,setiap orang pasti mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. tetapi ada tiga macam kebutuhan yang pasti diperlukan oleh manusia, yaitu kebutihan primer.

Contoh Kebutuhan Primer
Contoh Kebutuhan Primer

kebutuhan primer adalah suatu kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh manusia,karena jika tidak terpenuhi maka akan mempengaruhi kelangsungan hidupnya. berikut adalah beberapa contoh kebutuhan primer.

  1. sandang atau pakaian

setiap orang pasti membutuhkan pakaian, karena jika tidak memakai pakaian, mereka akan merasa sangat terganggu dan akan mempengaruhi kelangsungan hidupnya. misal jika seseorang tidak memakai baju sama sekali dijalanan,mereka akan disangka orang gila atau akan dicemooh karena tidak sesuai dengan adat istiadat kita.

kemudian lagi misal orang yang bertempat tinggal di daerah kutub,mereka juga memerlukan pakaian yang layak untuk iklim didaerah tersebut,agar mereka bisa mempertahankan hidupnya disana.

  1. Pangan atau makanan

setiap makhluk hidup,bukan hanya manusia pasti memerlukan makan.karena makan adalah suatu proses kegiatan manusia dalam memperoleh energi untuk melakukan kegiatan dan menjaga stamunanya agar tetap sehat dan bisa melakukan pekerjaannya dengan baik.

jika mereka tidak makan maka metabolisme dalam tubuh mereka juga akan terganggu dan akhirnya juga akan menggangvu kelangsungan hidupnya. jika kita telat makan sebentar saja bisa menyebabkan banyak masalah dalam tubuh kita,misalkan asam lambung naik,maag, lemas, dll. itulah sebabnha makan adalah termasuk kebutuhan pokok yang harus terpenuhi.

  1. Papan atau tempat tinggal

tempat tinggal adalah sebuah bangunan tempat kita kembali pulang untuk istirahat dari kesibukan dunia yang sangat melelahkan,sangat menguras pikiran dan tenaga. rumah adalah tempat kita berlindung dari panas dan hujan. tempat kita bergurau dan bercanda dengan keluarga.

bisa kita bayangkan orang yang tidak punya rumah, ketika panas mereka kepanasan,ketika hujan mereka kehujanan. hal itu bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuhnya.akibatnya akan mempengaruhi kesehatan badan dan otomatis akan mempengaruhi kelangsungan hidupnya.

itulah contoh dari kebutuhan primer, alangkah baiknya kita memenuhi kebutuhan primer terlebih dahulu daripada kebutuhan sekunder atau tersier. karena kedua kebutuhan tersebut masih bisa ditunda pemenuhannya karena tidak mempengaruhi kelangsungan hidup kita.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *