Definisi dan Unsur Negara

Definisi dan Unsur Negara – Pengertian Negara merupakan sebuah lembaga atau organisasi tertinggi yang ada di dalam suatu kelompok masyarakat yang didalamnya terdapat wilayah tertentu, memiliki cita-cita hidup bersama dan juga memiliki sistem pemerintah yang berdaulat.

Definisi dan Unsur Negara
Definisi dan Unsur Negara

Ada pula yang menjelaskan bahwa negara merupakan asosisasi atau perkumpulan tertinggi yang terdapat di suatu wilayah tertentu. Negara tersebut di dalamnya memiliki pemerintahan yang sah serta berdaulat, memiliki sistem dan aturan yang berlaku bagi setiap warganya dan juga berdiri dengan kaki sendiri alias independen

Dalam sistem penyelenggaraanya, sebuah negara harus mencakup 3 sifat, yaitu:

  • Memaksa: memaksa masyarakat untuk mengikuti dan patuh terhadap peraturan yang diterapkan.
  • Monopoli: menguasi semua sumber daya yang penting yang terdapat dalam negara tersebut.
  • Totalitas: negara mempunyai kuasa atau wewenang terhadap semua hal yang ada di wilayahnya tanpa terkecuali.

Unsur-unsur negara

Kita tahu bahwa negara tidak bisa terbentuk begitu saja tanpa adanya unsur-unsur yang penting yang kemudian mengikat sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Setiap unsur dalam negara tersebut akan saling melengkapi satu dengan yang lainnya sehingga menjadi unsur yang tidak dapat dipisahkan.

Di bawah ini beberapa unsur negara yang perlu Anda ketahui:

  • Wilayah

Negara yang berdiri harus memiliki suatu wilayah. Wilayah merupakan suatu kawasan yang dikuasai atau ditempati oleh sekelompok masyarakat. Wilayah tersebut juga dijadikan sebagai batas teritorial dari suatu kedaualan yang ada dalam negara tersebut. Terdapat tiga unsur wilayah, yakni darat, laut, dan udara.

  • Rakyat

Rakyat atau masyarakat merupakan sekelomok orang yang tinggal dan menetap dalam suatu wilayah dalam jangka waktu yang lama. Rakyat inilah yang merupakan unsur terpenting terbentuknya suatu negara karena negara bisa terbentuk setelah mendapat kesepakatan dari rakyat yang tinggal di wilayah tersebut.

  • Pemerintahan yang bedaulat

Pemerintah memiliki kekuasaan tertinggi di dalam mengatur segala urusan yang menyangkut negara. Kedaulatan di sini terbagi menjadi dua yakni kedaulatan ke dalam dan ke luar.

  • Pengakuan dari negara lain

Suatu negara bisa dikatakan sempurna jika mendapat pengakuan dari negara lain. Pengakuan tersebut berupa pengakuan de facto dan de jure. Adanya pengakuan tersebut membuat negara bisa melakukan berbagai hubungan kerja sama, baik dalam sektor pertahanan, ekonomi, sosial budaya, dan lain-lain.

Baca Juga : Pengertian hukum pidana

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *