10 Penyebab dan Faktor Kegagalan Wirausaha Bisnis Online

Penyebab dan Faktor Kegagalan Wirausaha Bisnis Online – Faktor penyebab kegagalan usaha bisnis online anda mau itu kecil atau sudah besar tentu banyak sekali. Hal itu bisa saja terjadi kepada bisnis pemula ataupun tidak. Mereka yang sudah lama dalam dunia wirausaha juga terkadang atau pernah mengalami kejadian ini.

10 Penyebab dan Faktor Kegagalan Wirausaha Bisnis Online
10 Penyebab dan Faktor Kegagalan Wirausaha Bisnis Online

Bahkan ada yang mengatakan kalau rahasia sukses itu termasuk saat kita sudah pernah mengalami kegagalan dalam berwirausaha bisnis. Mengapa? Sebab anda bisa belajar agar tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi. Akan tetapi, saya yakin anda atau pun kita tentu saja tidak ingin mengalami kejadian gagal dalam berwirausaha untuk bisa meraih keberhasilan dalam bisnis.

Baca Juga : Cara Investasi Emas Batangan

Oleh sebab itu, anda bisa berusaha dengan meminimalisitr terjadinya kegagalan pada waktu berwirausaha bisnis. Termasuk dengan mengenal penyebab kegagalan usaha yang biasanya dialami para pebisnis online. Dengan begitu anda tahu bagaimana cara mengantisipati dan mengambil langkah kedepannya. Berikut adalah penyebab kegagalan wirausaha bisnis online:

  1. Perencanaan bisnis kurang matang

Hal pertama ini mungkin terdengar sepele bagi kita, namun hal ini juga mempunyai peran penting saat anda ingin memulai sebuah usaha baru. Dengan tidak adanya perencanaan usaha yang matang, usaha tersebut ada kemungkinan besar tidak akan berjalan sesuai dengan yang anda harapkan.

Pada umumnya hal ini dialami oleh para wirausaha pemula yang mana terlalu semangat ingin menjalankan bisnis, namun pada akhirnya mereka tidak ingat dengan faktor penting dalam menjalankan sebuah bisnis.

  1. Membuka usaha dengan tidak bermain-main

Membuka sebuah usaha tidak bisa dilakukan dengan bermain-main. Sangat berbeda jauh ketika anda bermain roulette yang mana akan membutuhkan faktor keberuntungan.

Umumnya, kejadian ini dialami pada mereka yang memulai usaha dengan modal kecil. Untuk penyebabnya bisa karena mereka terlalu menyepelekan bisnis yang mereka jalanin. Mungkin mereka merasa walaupun gagal, yang dirugikan tidak terlalu banyak.

  1. Tidak menguasai bidang usaha yang dijalankan

Memilih jenis usaha juga termasuk faktor keberhasilan wirausaha yang sukses. Sebab bila usaha anda tidak berdasarkan minat dan keahlian anda, maka anda kesulitan untuk mengembangkan bisnis anda sendiri.

  1. Tidak bisa menyelesaikan masalah konsumen

Pada hal ini, anda perlu menyediakan apa yang diinginkan konsumen dari usaha anda. Dengan begitu, konsumen akan berlangganan dan setia pada anda.

  1. Strategi marketing yang salah

Anda perlu belajar hal strategi marketing ternama online di Indonesia. Anda bisa mendapatkan ilmu ini dari Rico Huang, Christina Lie serta pengusaha sukses lainnya. Bila perlu anda mengikuti kelas premium mereka. Sebab, pebisnis pemula gagal karena hal ini.

  1. Manajemen keuangan yang buruk

Mengelola keuangan adalah hal yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis anda nantinya. Bila perlu anda memisahkan antara uang pribadi dengan keuangan bisnis anda.

  1. Tidak berani mengambil resiko

Untuk memulai bisnis juga perlu berani untuk mengambil resiko. Saat anda takut untuk mencoba hal baru, maka usaha anda akan berjalan begitu saja dan tidak mengalami perkembangan. Cobalah untuk keluar dari zona nyaman. Misal anda menjual pakaian, coba untuk mengikuti trend pakaian yang lagi populer saat ini.

  1. Salah mengambil keputusan

Walaupun anda sudah berani mengambil keputusan, jangan sampai anda salah melangkah. Hal ini tentu saja pernah dialami oleh pebisnis lainnya, mau itu pemula atau yang sudah lama. Namun anda bisa meminimalisir hal tersebut dengan banyak belajar.

  1. Tidak fokus dalam menjalankan usaha

Saat anda sudah menjalankan sebuah bisnis, maka anda harus total untuk melakukannya. Banyak penyebab bisnis gagal karena kita menjalankan usaha secara setengah-setengah dan tidak fokus. Cobalah untuk konsisten dan fokus pada apa yang anda jalani. Walaupun usaha tersebut hanya usaha sampingan.

  1. Mudah menyerah

Nah, ini adalah hal yang biasa kita alami. Baru mengalami gagal sedikit saja anda sudah tidak semangat dan menyerah menjalankan usaha lagi. Cobalah untuk belajar dari pengalaman, seperti Oprah Winfrey, seorang presenter wanita yang kini sukses setelah mengalami banyak kegagalan pada masa lalunya. Menurut beliau, kegagalan itu tidak ada. itu hanya sebuah petunjuk untuk kita mencari jalan lain sebagai meraih kesuksesan.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *