Pengertian dan Jenis Gelombang

Pengertian dan Jenis Gelombang – Gelombang adalah getaran yang merambat. Gelombang memiliki bentuk ideal yang mengikuti gerakan sinusoidal. Kata gelombang juga dipahami sebagai transportasi gangguan yang secara umum tidak disertai dengan gerakan mediumnya. Pada gelombang, terjadi juga perpindahan energi dari sumbernya dalam bentuk gangguan di sekitar medium gelombang.

Pengertian dan Jenis Gelombang
Pengertian dan Jenis Gelombang

Jenis-jenis Gelombang

Gelombang dapat dibedakan menjadi beberapa jenis menurut sifatnya. Berikut adalah jenis-jenis gelombang berdasarkan arah rambat dan getarannya.

  1. Gelombang longitudinal

Gelombang longitudinal adalah gelombang yang memiliki arah getaran yang searah dengan arah rambatannya. Gelombang ini memiliki gerakan medium gelombang yang searah dengan propagasi gelombang. Contoh dari gelombang longitudinal yaitu gelombang bunyi yang memiliki media rambat udara dan gelombang pada pegas. Pada gelombang ini dikenal istilah rapatan dan renggangan.

  1. Gelombang transversal

Gelombang transversal adalah gelombang yang memiliki arah getaran yang tegak lurus terhadap arah rambatannya. Contoh dari gelombang transversal ini adalah gelombang yang muncul di air, atau gelombang pada tali. Pada gelombang ini terbentuklah yang disebut dengan gunung dan lembang gelombang.

Berikut adalah jenis-jenis gelombang yang dibagi berdasarkan media perambatannya

  1. Gelombang mekanik

Gelombang mekanik merupakan gelombang yang memerlukan adanya medium untuk perambatan gelombang. Contoh dari gelombang mekanik yaitu gelombang pada tali, gelombang bunyi, dan lain-lain.

  1. Gelombang elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yang energi dan momentumnya dirambatkan oleh medan listrik dan medan magnet dan dapat menjalar melalui media vakum atau tidak membutuhkan medium perambatan gelombang. Contoh dari gelombang elektromagnetik yaitu osilasi listrik, lampu merkuri, penembakan elektron, inti atom yang menghasilkan sinar gamma, dan lain-lain

Dalam gelombang, amplitudo adalah pengukuran skalar non negatif dari besar osilasi gelombang, atau diartikan juga sebagai jarak atau simpangan terjauh dari titik kesetimbangan dalam gelombang. Berikut adalah jenis-jenis gelombang yang dibagi berdasarkan amplitudonya :

  1. Gelombang stasioner

Gelombang stasioner merupakan gelombang yang memiliki amplitudo yang besarnya tidak tetap.

  1. Gelombang berjalan

Gelombang berjalan merupakan gelombang yang memiliki besaran amplitudo yang tetap

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *