Cara Pengendalian Hama dan Penyakit pada Ubi Jalar

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit pada Ubi Jalar – Selamat sore semuanya , kali ini kita akan membahas tentang baaimana cara pengendalian hama dan penyakit ubi jalar yang biasanya menyerang ubi jalar.

Dalam membudidayakan tanaman ubi jalar , tak jarang masih ada petani yang mengalami sebuah kegagalan dalam panennya yang di sebabkan oleh hama dan penyakit yang menyerangnya , lantas bagaimana cara pengendaliannya mari simak penjelasan berikut ini :

Cara Pengendalian

  • Sebelum stek tersebut ditanam alangkah baiknya dicelupkan terlebih dahulu kedalam cairan insektisida marshal yang sesuai dengan takaran yang di anjurkan 2 sampai 3 menit , dalam pemberian fuardan 3G bisa pula digunakan untuk megendalikan untuk mengendalikan hama tersebut dengan larikan 5 – 7 CM barisan tanaman.
  • Selain hal tersebut pengendalian ubi jalar bisa dilakukan dengan pengairan yang cukup pada tanaman ubi jalar dengan melakukan rotasi tanaman , hama juga dapat berkurang apabila tanaman ubi jalar dipanen pada waktu yang tepat / tidak terlambat.
  • Untuk hama dapat dikendalika dengan menanam varietas yang memang tahan , dalam hal ini cara tersebut dapat dilakukan untuk mengendalikan hama tersebut , dan selain itu juga hama tanaman ubi jalar bisa dikendalikan degan cara menggunaka stek tanaman ubi jalar yang kondisinya sehat dan tidak tertular dengan penyakit dari tanaman lain.
  • Dan untuk mengurangi populasi dari hama , sebaikya dalam kurun waktu 5 tahun yang sekali menanam dan tidak menanam ubi jalar dalam kurun waktu 2 tahun secara berturut turut pada area yang sama , cara lainnya bisa dengan menanam tanaman tumpag sari seperti buncis , labu dan sebagainya.

Penyakit Tanaman Ubi Jalar

Penyakit utama yang biasanya menyerang tanaman ubi jalar adalah kudis ( scab ) , penyakit ini disebabkan oleh cendawan sphaceloma batatas (Elsinoe Batatas ) , penyakit ini juga merupakan salah satu penyakit yang berada di daerah tropis seperti Indonesia , jika tanaman tersebut terkena penyakit tersebut biasanya akan menurunkan hasil panen hingga 30% , penyakit ini bisa tumbuh subur pada kondisi lingkungan yang lembab dan curah hujan yang tinggi , secara umum tanaman ubi jalar di tanam dengan cara di stek , dari stek tersebut penyakit tersebut akan mudah menyerang , penyakit ubi jalar ini juga bisa tumbuh pada suhu 13 – 27 derajat celcius . apabila tanaman tersebut diserang biasanya akan muncul kudis pada tanaman ubi jalar .  

Nah itu saja untuk pembahasan kali ini semoga bermanfaat jangan lupa share artikel ini agar semakin banyak orang yang tau, sekian dan terimakasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *