Faktor Yang Mempengaruhi Lahirnya Hari Kesaktian Pancasila

Faktor Yang Mempengaruhi Lahirnya Hari Kesaktian Pancasila – Kali ini kita akan membahas mengenai sejarah lahirnya Hari kesaktian Pancasila beserta faktor yang mengakibatkan lahirnya Hari kesaktian Pancasila, seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat Indonesia memperingati tiap 1 Oktober sebagai hari kesaktian Pancasila. 1 Oktober sendiri merujuk pada tahun 1965.

Faktor Yang Mempengaruhi Lahirnya Hari Kesaktian Pancasila
Faktor Yang Mempengaruhi Lahirnya Hari Kesaktian Pancasila

namun tahukah anda bahwa hari kesaktian Pancasila 1 Oktober ternyata berkaitan dengan peristiwa G30S PKI yang terjadi 30 September 1965, jadi pada tanggal 30 September 1965 terjadi tragedi yang dinamakan dengan G30S PKI atau gerakan 30 September. di mana tragedi ini masih menjadi sebuah perdebatan di lingkungan akademisi mengenai siapa penggiat nya dan apa motif di belakangnya.

Yang mana tetapi otoritas militer dan kelompok keagamaan terbesar pada saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha dari PKI untuk mengubah ideologi negara dari yang tadinya Pancasila menuju komunis. Pada hari itu juga 6 jendral dan 1 kapten serta beberapa orang lainnya dibunuh oleh orang-orang atau oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta.

Gejolak yang di akibatkan oleh G30S pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer militer Indonesia, yang mana kemudian pemerintah pada masa orde baru menetapkan 30 September sebagai hari peringatan gerakan 30 September atau G30S dan 1 Oktober ditetapkan sebagai hari kesaktian Pancasila.

ditumpasnya kekuatan anti dari Pancasila atau pemberontak perlu disikapi dengan sebuah pemahaman kesejarahan yang bersifat rasional, bukan dengan irasionalitas keyakinan sakitnya Pancasila, setiap keberhasilan dan kegagalan pada hakekatnya berasal dari sebuah perencanaan dan operasi yang dijalankan secara rasional, dan dengan rasionalitas ini pula 1 Oktober dapat disikapi sebagai hari perhubungan nasional bukan untuk hari ritual kesakitan Pancasila, meninggalnya juga sejumlah perwira TNI Pada 1 Oktober 1965 merupakan tragedi yang patut dikenang.

1 Oktober 1965 dapat kita jadikan sebagai titik tolak dari penelusuran sejarah bangsa kita, siapa yang tahu kita akan sampai pada kesimpulan bahwa dengan terbunuhnya para pahlawan revolusi, yang kemudian disusul dengan pembunuhan massal belasan bahkan ribuan masyarakat Indonesia, akibat eksploitasi konflik horizontal yang bersifat laten dalam masyarakat, maka kita memang sangat layak punya hari perkabungan nasional. Maka dapat disimpulkan bahwa hari kesaktian, lahirnya hari kesaktian itu berawal dari sejarah dimulainya G30S PKI.

itu saja untuk artikel kita kali ini semoga dapat membantu jangan lupa share agar semakin banyak orang yang tahu, terima kasih.

Baca Juga : Unsur Negara

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *