Hubungan Antara Sintesis Protein dengan Ekspresi Gen

Tubuh manusia membutuhkan protein. Karena dengan zat ini, oksigen bisa diangkut dengan baik melalui sirkulasi darah. Selain itu, protein juga memiliki tugas lain yang tidak kalah penting. Atas dasar itu, hubungan antara sintesis protein dengan ekspresi gen perlu dijelaskan.

Protein dibangun dari beberapa asam amino. Yang berkumpul di dalam blok yang terbagi menjadi beberapa set. Sekalipun terpusat semacam ini, kombinasi kerja protein tetap maksimal. Karena senyawa ini bisa beradaptasi dengan fungsinya secara alami.

Pengantar Sintesis Protein

Di dalam DNA, terdapat perintah untuk memindahkan unit asam amino ke dalam metabolisme tertentu. Karena instruksi inilah, protein diproduksi secara natural. Sedangkan prosesnya disebut sintesis protein.

Menurut deskripsi ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa DNA memiliki muatan perintah untuk memproduksi protein. Karena itu, DNA penting sebagai pembangun tubuh manusia.

Setiap unit DNA, terpecah dan menyebar dengan membawa kode untuk produksi protein tertentu. Salah satu hasil protein dari proses ini adalah insulin. Sedangkan unit-unit yang memproduksi disebut gen blok protein.

Hubungan Sintesis Protein dengan Ekspresi Gen

Di dalam sel manusia terdapat 22.000 gen. Kategori gen tersebut berjenis satu tetapi protein yang dihasilkan berbeda-beda.

Ini menjadi alasan, mengapa sel genetik yang sama tetapi memiliki fungsi berbeda-beda. Yaitu, akibat protein yang dihasilkan satu sama lain berlainan. Inilah yang dalam teori organisme multi seluler dikenal dengan istilah ekspresi genetik.

Kesimpulan

Nah, hubungan sintesis protein dengan ekspresi gen adalah DNA memerintahkan asam amino untuk memproduksi protein. Yang nantinya, protein tersebut akan disebar sesuai dengan kode-kode tertentu atau dieskpresikan untuk kebutuhan tubuh.

Dalam hubungan ini, gen memiliki peran penting dalam setiap proses sintesis protein. Karena sebelum protein terbentuk, gen akan digandakan terlebih dahulu menjadi RNA Polimerase. Baru setelah jadi, sintesis pun dilakukan oleh ribosom.

Itulah penjelasan singkat tentang hubungan antara sintesis protein dengan ekspresi gen. Semoga menjadi tambahan wawasan Anda. Terutama para pelajar yang sedang menggeluti teori-teori biologi murni maupun terapan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *