Irina Blok, Wanita Pembuat Logo Ikon Android

Irina Blok, Wanita Pembuat Logo Ikon Android – Pada awalnya, robot hijau yang cukup populer dikalangan para penggemarnya tersebut diberi nama Bugdroid, namun ada beberapa kelompok lebih welcome dengan nama “Android”, maka jadilah sekarang ini orang lebih mengenal dan menyebutnya sebagai Android saja.

Dari manakah sebenarnya pihak perusahaan memperoleh inspirasi tentang ikon robot hijau ini hingga menjadi populer seperti sekarang ini ?

Dalam wawancaranya dengan New York Times yang kami rangkum dari berbagai sumber, pihak perusahaan mengatakan bahwa ia memperoleh inspirasi tersebut dari piktogram yang sering tertempel pada pintu WC umum di kota – kota besar. Piktogram yang terdapat pada pintu WC tersebut cukup mampu menjelaskan tentang toilet mana untuk perempuan dan mana yang diperuntukkan bagi lelaki. Selanjutnya dari konsep inilah dibuat sebuah icon yang dapat dengan mudah dipahami oleh si pengguna bahwa ikon yang ingin dia tunjukkan adalah sebuah robot.

Namun sebelum inspirasi itu dikeluarkan dan bermanfaat buat masyarakat luas, pihak perusahaan sempat mencari ide yang lainnya dari berbagai bentuk yang diambil melalui film dan game bertema sci – fi ataupun luar angkasa tapi akhirnya dia menemukan konsep yang lebih matang, yaitu kembali kepada bentuk sederhana : robot hijau dengan antena dikepalanya dan bentuk badannya menyerupai kaleng.

Apabila anda mendengar kata “Android”, pasti pikiran akan tertuju pada satu sistem operasi yang dikelola oleh Google lalu berkembang kepada banyak gadget di seluruh dunia. Dan jika anda kembali membayangkan tentang Android, apa yang terpikirkan oleh anda sebagai orang awam, pastilah akan tertuju pada robot hijau yang menjadi ikon Android sejak awal diluncurkan. Robot hijau yang mungil berwarna hijau tersebut didesain sangat simple, tapi justru membuatnya menjadi sangat terkenal di dunia.

Seperti dijelaskan di atas bahwa tidak diragukan lagi jika saat ini Android sudah sukses merajai gadget dan IT serta berhasil merebut hati para penggila gadget sedunia. Tapi dibalik kesuksesan itu, anda perlu mengetahui tentang sepasang tangan ‘misterius’ yang berkarya sukses menjadikannya ikon Android terkenal di dunia. Dia adalah Irina Blok. Meskipun tak banyak yang tahu tentang dia, Blok adalah salah satu anggota Google Marketing yang mana saat ini ia juga dikenal sebagai ahli desainer di Google.

Blok adalah seorang wanita karir yang memiliki paras ayu ala seorang artis populer dimana ia lebih dikenal sebagai perancang dari logo Android, namun dia bersama dengan rekan – rekannya yang lain sepakat untuk dapat memberikan kebebasan kepada siapapun untuk memodifikasi hasil karyanya menjadi sesuatu yang memiliki prinsip hidup seperti halnya terhadap OS Android yang open – source. Pembuatan ikon robot ini membutuhkan waktu yang sangat singkat dengan bantuan dari Google yang merilis SDK Android ini pertama kali pada tanggal 12 November 2007, dimana Blok mendapatkan tugas membuat logo ini pada tanggal 5 November 2007, hanya berselang 5 hari dari tanggal perilisannya, logo Android berbentuk boneka unik dan lucu ini mendapat kritikan pedas di beberapa penggemarnya karena logo Android mirip dengan salah satu karakter pada game Atari.

Irina Blok, Desainer Cantik Dibalik Logo Robot Hijau Android

Apa yang pertama kali muncul dibenak anda sebagai orang awam saat mendengar kata “Android” ?

Sebagian dari anda pastilah sudah mengenal dan membayangkan robot kecil berwarna hijau yang saat ini sangat populer. Operation System Google ini identik dengan logo Si Robot Hijau. Dialah Irina Blok, sosok seorang wanita cantik dibalik logo Android yang terkenal hingga ke mancanegara itu. Wanita asal Negeri Paman Sam ini merupakan seorang desainer grafis sekaligus seniman dimana Irina Blok mempunyai ide – ide awal untuk menciptakan logo sistem operasi Google yang dikenal dengan nama OS Android.

Sebagai salah satu sistem operasi yang paling mudah dan banyak dimanfaatkan oleh pekerja kantor hingga kelompok pelajar dan mahasiswa serta banyak membantu pecinta ponsel pintar di seluruh dunia, logo Robot Hijau dari Google ini memang sangat terkenal dibuat oleh Irina karena terinspirasi logo “women” dan “men” yang sering ia jumpai di pintu toilet umum.

Seperti dilansir dari Business Insider, Selasa (14/4/2015), pada tahun 2010 yang lalu, tim desainer Google di dalamnya termasuk Irina Blok diminta untuk menyiapkan sebuah logo yang akan digunakan sebagai ikon dari sistem operasi Android.

Tema logo yang dimaksud oleh Google pada waktu itu adalah ikon yang mampu mewakili pengguna mobile serta mengandung unsur robot.

Akhirnya, munculah ide kreatif yang membuat sang pencipta turut merasakan kesuksesan robot yang diciptakan.

Baca Juga : Sejarah Bank Syariah

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *