Jenis-Jenis Sumber Air

Jenis-Jenis Sumber Air – 65% tubuh manusia terdiri dari air. Sama seperti tubuh manusia, sebagian besar wilayah bumi juga terdiri dari air yaitu sebesar 71%.

Jenis-Jenis Sumber Air
Jenis-Jenis Sumber Air

Dari 71% air yang ada di bumi, tidak semua air merupakan air yang bisa diminum. Hanya 3.5% persen dari 71% air di bumi yang merupakan air tawar dan air tersebut berada di danau atau merupakan es. Air tawar itulah yang biasanya kita gunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Jenis-Jenis Sumber Air

Selain air tawar yang berasal dari es dan danau, ada beberapa jenis sumber air yang ada di bumi, sumber tersebut yaitu

  • air permukaan

Air permukaan merupakan air yang berada di atas tanah. Air permukaan bisa dilihat pada danau, sungai, ataupun kolam. Air permukaan merupakan sumber terbesar konsumsi manusia, terutama untuk air minum. Sebagian besar sumber air minum didapat dari mata air alami dan air tawar dari sungai atau aliran sungai.

  • air tanah

Air tanah merupakan sumber terbesar dari air tawar yang ada di bumi, selain laut. Namun sama seperti air laut, sebagian besar air tanah tidak dapat dikonsumsi secara langsung. Air tanah sebenarnya adalah air dari hujan yang diserap oleh permukaan bumi melalui tanah kemudian melewati bebatuan.

Untuk mendapatkan air tanah terlebih dahulu harus dibuat sumur. Air tanah terlebih dahulu harus melalui proses penyulingan apabila akan dijadikan air minum.

Penyulingan ini harus dilakukan untuk menghindari air tanah yang telah tercemar dengan polutan seperti bahan-bahan pertanian yang tidak aman atau kontaminasi yang berasal dari pembuangan industri.

  • hujan

Hujan berasal dari air yang ada di bumi dan menguap ke atmosfir. Uap air tersebut akan membentuk embun yang semakin banyak. Titik-titik embun yang berjumlah banyak akan berkumpul dan membentuk awan.

Ketika awan membesar karena tiupan angin makan awan pun akan semakin gelap dan saat itulah hujan akan turun. Di sebagian wilayah, air hujan masih sering ditampung sebagai sumber air bersih.

  • es

Sebagian besar air tawar berbentuk es ataupun gletser. Sebenarnya es bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan air tawar, namun untuk mencairkan es di bumi akan dibutuhkan tenaga yang besar. Terlebih lagi, mencairkan es di bumi juga akan memengaruhi iklim bumi karena es berperan dalam menjaga suhu global.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *