Kari Ayam India

Kari Ayam India – Menu kari ayam khas India sangat kental sekali dengan budaya dari India dan Timur Tengah seperti Jazirah Arab dan Asia Selatan seperti India dan Pakistan. Bisa menjadi pilihan menu santap siang yang agak unik di akhir pekan anda bersama keluarga di rumah dimana cara membuatnya sangat mudah.

Bahan – bahan untuk membuat 4 porsi adalah :

  1. 500 dada ayam potong dadu
  2. 3 butir kentang potong dadu
  3. 1 btr bawang bombay
  4. 4 siung bawang putih
  5. 2 siung bawang merah
  6. 1 bungkus bumbu kare bamboo
  7. 80 ml santan kental
  8. 100 ml air
  9. Secukupnya gula
  10. Secukupnya garam dan penyedap rasa
  11. Secukupnya merica
  12. Daun salam
  13. Minyak goreng untuk menumis

Langkah membuat yang benar adalah 30 menit saja :

  1. Panaskan minyak goreng sedikit saja untuk menumis bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay yang sudah dicacah.
  2. Setelah layu tambahkan bumbu kare, tunggu sampai harum lalu masukkan potongan dada ayam.
  3. Setelah ayam setengah matang, masukkan langsung potongan kentang dan tambahkan air santan sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk agar tidak pecah, garam, penyedap rasa, gula, merica, daun salam dan aduk sekali lagi secara perlahan hingga bumbu meresap dengan sempurna.
  4. Masak agak lama sekitar 25 menit sampai ayam dan bahan – bahan yang lainnya benar – benar empuk dan kentang matang sempurna disertai bumbu meresap.
  5. Koreksi rasa lalu angkat dan sajikan dengan roti chapati / roti canai / tortilla.

Nah itulah cara termudah membuat salah satu sajian menarik khas warga India.

Jika anda sekali waktu pernah merasa bosan menyantap masakan Bunda yang home cooking dan terkesan makan makanan yang rasanya begitu – begitu saja di rumah ? Sehingga bisa membuat nafsu makan anda menjadi berkurang ? Maka dari itu penting sekali untuk mencoba jenis makanan yang berbeda dari makanan keseharian anda. Beranilah mencicipi makanan baru dengan sensai rasa yang lebih istimewa yang akan memperkaya perbendaharaan rasa indera pengecap anda terhadap makanan tersebut. Contohnya adalah masakan Indonesia, Jepang, Korea, Chinese, atau Western saat ini sudah  terlalu lazim untuk sajian home cooking di rumah bahkan bisa dibuat sendiri di dapur rumah anda.

Seperti halnya masakan Nusantara, salah satu masakan mancanegara yang populer di Indonesia adalah beragam sajian khas orang India yang dominan mendapatkan pengaruh besar dari ragam kuliner budaya negara – negara sekitarnya. Kuliner India terpengaruh dari Persia dan sedikit makanan China dengan ditandai memanfaatkan rempah – rempah, ikan laut dan olahan susu, adalah variasi kuliner India yang memang sangat tergantung oleh hasil bumi, budaya, dan juga kepercayaan masyarakatnya yang sebagian besar menganut agama Hindhu. Warga Hindhu di sini mewajibkan pengikutnya untuk menjadi seseorang yang vegetarian sehingga masakan India cocok sekali untuk memberikan anda sebuah pengalaman baru terhadap indera pengecap anda.

Demikian kami menjelaskan semoga ada yang berminat ingin mencoba membuat sendiri di rumah !

Baca Juga ; Kritik Sosial

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *