Penjelasan Klasifikasi dan Morfologi Jeruk Nipis

Klasifikasi dan Morfologi Jeruk Nipis – Tumbuhan memiliki penggolongan tersendiri yang dinamakan klasifikasi, dengan adanya klasifikasi maka anda dapat mengetahui tanaman jeruk nipis merupakan satu famili atau satu jenis dengan tanaman lainnya.

Penjelasan Klasifikasi dan Morfologi Jeruk Nipis
Penjelasan Klasifikasi dan Morfologi Jeruk Nipis

Selain itu klasifikasi menggolongkan tanaman berdasarkan perbanyakannya baik bunga, biji maupun ciri fisiknya. Jika anda ingin mengetahui seperti apa ciri umum dari bentuk tanaman jeruk nipis, atau klasifikasi dan morfologi jeruk nipis, berikut ulasannya.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga

Klasifikasi tanaman jeruk nipis

Citrus aurantifolia dikenal dengan nama jeruk nipis. Klasifikasi tanaman ini adalah sebagai berikut :

  • Kingdom          : Plantae
  • Divisio             : Spermatophyta
  • Subdivisio        : Angiospermae
  • Klas                  : Dicotyledonae
  • Bangsa            : Rutales
  • Famili              : Rutaceae
  • Genus              : Citrus
  • Species            : Citrus aurantifolia (Cristm.) Swingle

Morfologi Tanaman Jeruk Nipis

Jenis tanaman

Jeruk nipis merupakan tanaman jeruk-jerukan atau citrus yang sama dengan jeruk lainnya hanya saja berbeda spesies dan genus. Namun masih dalam satu famili yang sama. Selain itu tanaman jeruk nipis bisa dikatakan tanaman tahunan walaupun jenis tanaman buah, dengan awal pembudidayaan yang sudah cukup lama di Indonesia.

Tanaman jeruk nipis sering digunakan untuk penambahan makanan di Indonesia. Rasanya yang asam berguna untuk mengusir bau amis dan rasanya yang asam namun segar.

Buah jeruk nipis tidak dapat dikonsumsi langsung dan mentah, haruslah dicampur dengan yang lain barulah rasanya seimbang. Jeruk nipis yang memiliki kulit yang tipis mengandung banyak air atau sari. Pilihlah buah jeruk nipis dengan kulit yang tipis.

Akar tanaman jeruk nipis

Akar dari pohon jeruk nipis merupakan tunggang. Sehingga tanaman jeruk nipis memang tegak dan kokoh. Selain itu akar dibagi menjadi lima bagian yaitu ujung akar atau disebut apex radices, lalu cabang akar, batang akar, serabut akar dan leher akar yang tertanam seluruhnya pada tanah.

Batang dan daun tanaman jeruk nipis

jeruk nipis merupakan termasuk jenis tanaman perdu atau tanaman semak yang memiliki banyak dahan dan ranting. Selain itu tingginya dapat mencapai 3-3,5 meter dan berbatang kayu ulet, berduri dan keras.

Sifat percabangan tanaman jeruk nipis adalah monopodial atau batang utama selalu terlihat dan paling menonjol. Kulit batang jeruk nipis kusam dengan warna tua sebagai warna utama.

Daun tanaman jeruk nipis berjenis majemuk dengan bentuk elips dan pangkal membulat. Lebar daun 2-5 cm dan panjang daun hingga 9 cm, tambahan lainnya yaitu daun berwarna hijau dengan tulang meyirip. Setiap buku daun hanya terdapat satu daun saja. Bagian daun dibagi menjadi 3 bagian yaitu helaian daun, tangkai daun dan tangkai anak daun.

Bunga tanaman jeruk nipis

Jika tanaman memiliki buah pasti memiliki bunga. Bunga tanaman jeruk nipis berukuran muncul di ujung batang atau di ketiak daun, kelopak bunga berbentuk mangkok dengan daun mahkota berjumlah 4-5.

Selain itu warna bunga putih. Bunga tanaman jeruk nipis disebut bunga banci yang memiliki 2 kelamin yaitu jantan dan betina dalam satu bunga. Aroma bunganya cukup harum sehingga sering diserbuki oleh lebah.

Morfologi lainnya

Jeruk nipis dapat berusia panjang dengan usia diatas 2 tahun sudah dapat menghasilkan buah. Bentuk buah bulat sebesar bola pingpong terkadang lebih besar sedikit dengan kulit luar warna hijau atau kekuning-kuningan.

Biji jeruk nipis berjumlah banyak sama halnya dengan jeruk. Selain itu berukuran kecil dan berada dalam buah jeruk nipis. Lapisan biji terdiri dari lapisan dalam dan lapisan luar.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jeruk

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *