Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Asam Jawa

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Asam Jawa – Tanaman asam jawa memiliki nama latin tamarindus indica yang termasuk ke dalam kelompok polong – polongan memiliki klasifikasi sebagai berikut :

  • Kingdom :               Plantae / tumbuhan
  • Sub kingdom :         Tracheobionta / tanaman berpembuluh
  • Super divisi :          Spermatophyta / menghasilkan biji
  • Divisi :                   Magnoliophyta / tanaman berbunga
  • Kelas :                    Magnoliopsida / berkeping dua / dikotil
  • Sub kelas :              Rosidae
  • Ordo :                     Fabales
  • Famili :                   Fabaceae / suku polong – polongan
  • Genus :                   Tamarindus
  • Spesies :                  Tamarindus Indica L

Morfologi Tanaman Asam Jawa

1. Morfologi Pada Bagian Akar

Morfologi asam jawa mempunyai akar bersifat akar tunggang dengan terbukti adanya akar yang bernama akar lembaga / radicula yang tumbuh menyerupai akar pokok bercabang – cabang menjadi akar yang lebih kecil akan bersama – sama menembus ke dalam tanah yang mana bagian dari akar ini memiliki bagian – seperti leher akar, ujung akar, batang akar, cabang – cabang akar, serabut akar, rambut / bulu akar dan tudung akar.

2. Morfologi Pada Bagian Batang

Pohon ini adalah salah satu tanaman yang berbatang jelas yang biasanya keras dan kuat disebut dengan batang berkayu / lignosus berbentuk batang bulat / teres dengan kondisi pohon yang selalu tegak / fastigiatus dengan diameter batang menuju ke bagian pangkal mencapai ukuran sekitar 2 m. Warna pada kulit batang adalah coklat keabu – abuan dan agak kasar, yang mempunyai sudut antara batang dengan cabang sangat kecil sehingga arah pertumbuhan cabang pada bagian pangkal agak menyerong ke bagian atas namun selanjutnya sejajar kembali dengan batang pokok dan permukaan daerah ini memperlihatkan adanya lentisel.

3. Morfologi Pada Bagian Daun

Daun pada pohon ini termasuk ke dalam kelompok daun yang memiliki sifat menyirip genap karena posisinya saling berhadapan. Duduk daun bergantian yang mana masing – masing daun majemuk memiliki 8 s/d 18 pasang anak daun dengan ukuran panjang anak daun sekitar 1 s/d 4 cm yang mana dalam tanaman ini termasuk ke dalam tanaman berdaun bertangkai yang memiliki bagian tangkai dengan helaian daun saja yang saling berdampingan antara lain sebagai berikut :

Tangkai daun / petioulus mempunyai penampang melintang yang berbentuk bulat dan kecil – kecil dengan ukuran panjang sekitar 0,2 cm dan memiliki warna hijau. Yang kedua adalah diberi istilah helaian daun / lamina yang memiliki bangun daun / circumscription terlebar di tengah – tengah helaian daun yaitu dalam bentuk bangun memanjang / oblongus yaitu perbandingan panjang dan levar daunnya rata – rata memakai perbandingan 3 : 2 yang mana mempunyai panjang daun hingga mencapai 15 cm dengan lebar antara 0,5 s/d 1 cm.

Masing – masing ujung daun berbentuk tumpul dengan kondisi pangkal daun termasuk ke dalam jenis kelompok pangkal daun membulat yang disertai dengan susunan tulang – tulang daun bersifat menyirip yang disebut dengan istilah daun majemuk menyirip. Daun – daun bersangkutan memiliki tepi daun yang rata dengan daging daun yang bersifat tipis, lunak, berwarna hijau dengan bagian permukaan yang halus.

4. Morfologi Tanaman Asam Jawa Pada Bunga

Bunga dari tanaman ini termasuk ke dalam kelompok bunga yang bersifat majemuk tak terbatas / inflorescentia racemosa yang terdiri atas bagian – bagian sebagai berikut bagian yang bersifat batang atau cabang dan bagian yang bersifat daun. Bunga tanaman asam jawa menyimpan daun kelopak, daun mahkota, benang – benang sari dan putik sebagai fungsi alat kelamin sehingga dengan demikian disebut sebagai bunga hermaphrodite karena mempunyai 2 alat kelamin bunga yaitu yang dikenal dengan istilah benang sari debgai alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin yang betina.

5. Morfologi Buah Tanaman Asam Jawa

Buah tanaman ini termasuk ke dalam buah sejati yang mengandung banyak biji dan jika matang bisa pecah menjadi beberapa bagian buah yang termasuk ke dalam buah kotak yang tergolong buah polong memiliki daging yang tidak mudah pecah.

6. Morfologi Biji Pada Tanaman Asam Jawa

Di dalam sebiji buah tanaman asam jawa terdapat 1 s/d 10 biji yang masing – masing memiliki ukuran panjang sampai 18 mm dengan bentuk tidak teratur dan warna kemerah – merahan, coklat tua atau hitam mengkilat yang di bagian dalamnya putih lembaga.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman asam jawa, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Rimbang

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *