Penjelasan Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga – Wah Mangga, kalian semua tahu kan buah Mangga? Buah yang berbentuk hijau berbentuk bulat agak lonjong, dengan daging buah berwarna kuning atau jingga dengan rasa yang manis dan menyegarkan ini, semua orang pasti tidak asing. Tapi, buah ini tidak muncul begitu saja tentunya. Darimana asalnya? Yuk kita baca ulasan ini agar lebih jelas.

Penjelasan Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga
Penjelasan Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga

Tanaman Mangga (Mangifera L.) merupakan buah yang berasal dari India, yang lama kelamaan menyebar ke seluruh Asia Tenggara termasuk Indonesia. Indonesia terkenal sebagai salah satu Negara yang dapat menghasilkan Mangga dengan kualitas terbaik. Hal ini dikarenakan Tanaman Mangga membutuhkan iklim curah hujan yang baik untuk tumbuh subur.

Indonesia juga dikenal sebagai penghasil 2 jenis Mangga, yaitu mangifera indica L. (ex. Mangga Manalagi, Golek, Arum Manis)  dan mangifera foetida (ex. Mangga Kweni dan Kemang). Buah dari tanaman ini sering dikonsumsi karena rasanya yang menyegarkan dan manis, kaya akan antioksidan, vitamin C dan E, serta dapat menumpas kanker karena kandungan karotenoid yang dimilikinya.

Sedangkan getah dari tanaman ini juga berguna untuk obat pereda rasa nyeri.  Untuk daunnya dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyakit Diabetes karena mengandung tanin dan anthocyanin.

Berikut ini adalah klasifikasi Mangga :

  • KINGDOM                          : Plantae (Tumbuhan)
  • SUB KINGDOM                  : Tracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh)
  • SUPER DIVISI                      : Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)
  • DIVISI                                    : Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga)
  • KELAS                                    : Magnoliopsida (Tumbuhan Dikotil)
  • SUB KELAS                           : Rosidae
  • ORDO                                    : Sapindales
  • FAMILI                                  : Anacardiaceae
  • GENUS                                 : Mangifera L.
  • SPESIES                                : Mangifera indica L. dan Mangifera foetida

(Referensi: plants.usda.gov – Plants Database)

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Anggur

Hmm, sekarang kita sudah tahu seperti keturunan genetic tanaman Mangga dengan melihat klasifikasinya. Lalu untuk ciri-ciri fisik tanaman Mangga itu seperti apa sih? Marilah kita lihat penjelasan berikut ini.

Tanaman Mangga memiliki akar yang terdiri dari akar tunggang dan akar cabang. Akar tunggang mempunyai ukuran yang cukup panjang yang dapat mencapai kedalaman 6 meter. Akar tunggang tumbuh untuk mencari sumber air, setelah menemukannya, akar tunggang ini akan bercabang menjadi banyak. Biasanya, pembentukan akar cabang ini berada di kedalaman 30 – 60 cm di bawah permukaan tanah.

Untuk batang tanaman Mangga memiliki bentuk yang lurus dan tegak. Batang ini sangatlah keras dan kuat, kulit yang menutupinya pun sangatlah kasar dan tidak beraturan. Memiliki warna sedikit kecoklatan atau hitam. Batang Mangga tumbuh tinggi ke atas dan membuat beberapa percabangan dan ranting yang akhirnya ditumbuhi dedaunan yang lebat. Bentuk batang sedikit berbeda tergantung dari cara pengembangbiakkannya, jika alamiah dengan benih maka batang yang tumbuh akan tegak, tinggi, kuat, dan keras. Sedangkan jika hasil perbanyakan dengan bibit sambung atau okulasi, tanaman Mangga yang muncul akan memiliki ciri batang yang pendek dengan percabangan membentang.

Daun tanaman Mangga merupakan daun tunggal tanpa anak dan penumpu. Panjang tiap daunnya sekitar 9 – 40 cm dengan lebar 2 – 12,5 cm. Daun Mangga muncul di ranting-ranting dengan lebat. Warna daun awalnya berwarna kuning kemerahan, tapi lama-kelamaan akan berubah warna menjadi kuning tua dan hijau tua. Pangkal daun berbentuk lancip tetapi tepi daunnya bergelombang disertai dengan ujung daun yang juga lancip. Untuk daunnya, kangkung memiliki daun yang tangkainya melekat pada buku-buku batang.

Bunga dari tanaman Mangga adalah bunga majemuk, tumbuh dari tunas ujang dan terangkai dalam tandan berbentuk bunga kerucut. Ukuran bunga tergolong kecil, diameternya berkisar antara 6 – 8 mm. Terdapat bunga jantan dan hermaprodit pada setiap rangkaian bunganya, namun jumlah bunga jantan lebih dominan. Mahkota bunga tersusun dari 5 lembar kelopak bunga.

Untuk buahnya, berbentuk bulat lonjong berwarna hijau atau kuning kemerahan tergantung varietasnya. Panjang buahnya dapat mencapai 30 cm, memiliki kulit dan daging yang tebal. Biji buahnya hanya ada satu dengan ukuran yang cukup besar, berstruktur keras dan sedikit kasar, terletak di dalam daging buah. Buah Mangga berkhasiat banyak untuk kesehatan seperti mencerahkan kulit, memperbaiki sistem pencernaan, melenyapkan panas dalam, bahkan dapat menjauhkan kanker.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jeruk

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *