Klasifikasi Kunyit Putih Sang Tanaman Rempah Herbal

Hai hai hai.. Ketemu lagi kita di web ini. Di artikel kami yang satu ini, kiami akan membahas sedikit tentang tanaman kunyit putih.

Klasifikasi Kunyit Putih Sang Tanaman Rempah Herbal
Klasifikasi Kunyit Putih Sang Tanaman Rempah Herbal

Kunyit putih merupakan rempah yang cukup banyak dimanfaatkan oleh manusia di kehidupanya sehari-hari. Baik untuk obat, makanan, campuran kosmetik alami, dan banyak lagi.

Karna manfaat nya yang segudang, alangkah tidak rugi kita bila mampu mengenal tanaman istimewa yang sering kita manfaatkan ini.

Pasti Penasaran kan dengan morfologi kunyit putih? Batang dan daun nya yang seperti apa sih? Dia berbunga atau tidak ya? Kalau di buku kita, klasifikasi ilmiah nya bagaimana sih? Hayoo penasaran kan? Hahaha

Maka dari itu kita menghadirkan pembahasan ini di web kami, web kesayangan kalian..

Yuk yuk monggo disimak…

Klasifikasi Kunyit Putih Sang Tanaman Rempah Herbal

Seperti yang ada di buku, spesies tanaman “Curcuma mangga Val.” ini, termasuk kedalam kingdom Plantae. Dia masuk di Divisi Spermatophyta, bersubdivisi Angiospermae, dan ia juga terkategori kedalam classis monocotyledonae. Selain itu tanaman kunyit putih memiliki rumpun ordo Zingiberales, familia zingiberaceae, dan juga masuk ke Genus Curcuma.

Baca Juga : Manfaat Teknik Tabulampot

Morfologi Kunyit Putih Sang Tanaman Rempah Herbal

Tanaman rempah herbal yang satu ini (kunyit putih) adalah tanaman semak yang dapat mencapai umur tahunan. Memiliki tinggi batang rata-rata mencapai 50 hingga 75 cm. Jika kita amati, batang kunyit putih merupakan batang semu yang susunanya merupakan pelepah-pelepah daun.

Daun hijau tanaman ini berbentuk mata lembing bulat lonjong di ujung dan juga pangkalnya. Untuk daunya sendiri, memiliki panjang berkisar 30 sampai 60 cm dengan lebar mencapai 7,5 hingga 12,5 cm secara rata-rata. Panjang tangkai kunyit putih ini bisa dilihat sama dengan panjang daunya.

Secara kontur, daunya licin dan tidak berbulu baik di permukaan atas maupun permukaan bawah. Bunga Kunyit putih sendiri cukup mudah dipatahkan walaupun bentuknya bulat. Pada kulit bunga dihiasi akar serabut halus serupa rambut.

Bila kita membelah rimpang utamanya yang keras, kita dapat melihat daging buah berwarna kekuninganpada bagian luar dan di tengahnya berwarna kekuningan.rimpang tersebut berbau seperti mangga bila kita cium dengan seksama.

Kamu mau mencoba merawat tanaman kunyit putih ini? Simak info ini yuk..

Tanaman herbal kunyit putih sejatinya bisa dirawat oleh siapa saja. Namun, tetap lah membutuhkan kondisi tertentu agar pertumbuhanya baik dan optimal.

Diantara kondisi tertentu yang kami maksud tak lain adalah iklim dan ketinggian tempat yang optimalnya pada ketinggian 500 mdpl.

Kemudian untuk syarat tanah, makin baik jika kita menanamnya di tanah gembur yang berpasir dan diberi pupuk organik lalu juga ditanam cukup dalam.

Untuk kadar air yang dibutuhkan, kunyit putih membutuhkan curah air yang memiliki intensitas cukup tinggi. Namun berbeda untuk faktor sinar matahari. Berdasarkan riset, tanaman ini dapat berkembang baik bahkan pada tempat ternaung sekalipun.

Hal terakhir yang tak kalah penting dari semua faktor diatas yakni kadar kelembaban udara. Mengapa? Karna ini cukup mempengaruhi tingkat pertumbuhan dan perkembangan kunyit putih.

Kunyit putih mampu tumbuh dan berkembang dengan baik pada suhu kelembaban udara yang berkisar antara 25 derajar Celcius hingga 30 derajat celcius. Bila daerah mu memiliki suhu dibawah 24 derajat celcius, kunyit putih ini masih bisa tumbuh kok.. hanya, tumbuhan tersebut butuh sedikit waktu untuk beradaptasi dulu yaa.. hehehe

Okee, cukup sekian dulu deh penjelasan pendek kami tentang Klasifikasi dan morfologi Tanaman Kunyit putih di artikel yang singkat ini. Semoga pengetahuanmu bertambah yaa..

Thank you and, See you next post!

Baca Juga : Klasifikasi Tanaman Kaktus

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *