Macam dan Ciri Kromosom

Macam dan Ciri Kromosom Pengertian Kromosom merupakan untaian panjang dari DNA atau asam deoksiribonukleat. DNA merupakan materi yang menyimpan gen atau faktor keturunan seseorang, dianggap sebagai suatu bahan pembentuk tubuh manusia. Istilah kromosom itu sendiri berasal dari Bahasa Yunani yaitu “kroma” yang artinya warna dan “soma” yang artinya tubuh.

Jadi menurut bahasa, kromosom dapat diartikan sebagai suatu struktur benang yang diwarnai oleh pada ilmuwan menggunakan pewarna yang berwarna-warna pada saat melakukan suatu penelitian.

Sama seperti bagian tubuh lainnya, kromosom juga memiliki berbagai macam ciri identik yang wajib Anda ketahui untuk menambah wawasan seputar dunia biologi. Beberapa ciri dari kromosom dapat Anda ketahui lewat penjelasan di bawah ini.

Letak dan fungsi kromosom

Kromosom memiliki beberapa ciri utama. Dan salah satu ciri dari kromosom yaitu terletak di pusat atau inti sel sebuah organisme. Ciri atau karakter tersebut berlaku untuk sel hewan maupun tumbuhan. Masing-masing kromosom mengandung protein dan juga molekul DNA tunggal.

Kromosom memiliki struktur yang unik. pada saat DNA melilit histon, kromosom berbentuk seperti gulungan protein. Di samping itu, kromosom juga merupakan salah satu bagian penting yang berfungsi untuk menyalin DNA secara akurat dan kemudian mendistribusikannya dalam berbagai proses pembelahan sel. Misalnya pada saat sel membelah dan menghasilkan sel-sel baru yang mengganti sel lama yang sudah using.

Pasangan kromosom

Kromosom datang secara berpasangan. Di setiap tubuh manusia, terdapat 23 pasang kromosom dengan total 46 untaian DNA. Setiap individu memiliki setengah kromosom dari ibu dan setengah lagi dari ayah.

Artinya, kromosom yang Anda punya datang dari ibu dan juga ayah masing-masing setengah bagian. Selain manusia, ada juga spesies lain di dunia ini yang memiliki jumlah kromosom tetap, yaitu anjing dengan 39 pasang kromosom, tanaman padi dengan 12 pasang kromosom dan lalat buah yang memiliki 4 pasang kromosom.

Kromosom X dan Y

Kromosom X dan juga Y menentukan dua jenis kromosom manusia. Komponen tersebut menentukan apakah seseorang yang lahir akan menjadi laki-laki atau perempuan. Kromosom X dan Y merupakan kromosom seks yang menentukan jenis kelamin seseorang pada saat dalam kandungan.

Untuk jenis kelamin wanita, kromosom yang dimiliki yaitu XX atau dua kromosom X, sedangkan pria atau laki-laki mempunyai kromosom XY atau satu kromosom X dan satu kromosom Y. Ciri yang satu ini menyimpulkan bahwa kromosom sangatlah berperan penting dalam tubuh setiap individu, termasuk manusia.

Kontribusi kromosom pada keturunan

Ciri lain dari kromosom yaitu memungkinkan para orang tua memberikan kontribusi kromosom pada keturunannya, baik ibu maupun ayah. Seorang ibu akan selalu memberikan kontribusi kromosom X kepada anaknya. Sementara itu, seorang ayah akan memberikan kontribusi kromosom X atau Y pada anak sehingga penentuan jenis kelamin anak sangat ditentukan oleh warisan dari sang ayah. Akan tetapi, tentu saja anak akan tetap mewarisi sifat dari ibu dan juga ayahnya.

Struktur dan komponen kromosom

Kromosom terlihat layaknya dua batang identik yang berdampingan dan terjepit bersamaan. Kromosom terdiri dari dua kromatid yang identik dan digabungkan oleh sentromer, yaitu lengan p dan lengan q. Kromosom akan menentukan karakteristik manusia berdasarkan gen di dalamnya. Komponen penyusun kromosom tersebut terdiri dari heliks ganda DNA. Selama pembelahan sel, kromosom akan melakukan replikasi dan melalui serangkaian proses yang sangat penting. Hingga akhirnya menghasilkan kromosom baru untuk keturunan hasil reproduksi.

Baca Juga : Ruang Lingkup dan Permasalahan Biologi

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *