Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi – Akuntansi berasal dari bahasa Perancis yaitu compter yang artinya untuk menghitung. Ada dua sumber utama yang dapat dijadikan patokan mengenai pengertian akuntansi secara lebih detail.

Pengertian Akuntansi
Pengertian Akuntansi

Pertama, menurut American Accounting Association (AAA), akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

kedua, menurut America Institute of Certified Public Accountants (AICPA), akuntansi merupakan seni pencatatn, penggolongan, peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam satuan mata uang, transaksi-transaksi dan kejadian yang setidaknya bersifat finansial dan penafsiran hasil-hasilnya.

Secara sederhana, akuntansi dapat dikatakan sebagai proses pengidentifikasian, pengukuran, pencatatan, dan pelaporan informasi ekonomi keuangan yang berguna untuk penilaian dan pengambilan keputusan bagi pihak yang memerlukannya.

Namun, akuntansi dan pembukuan merupakan hal yang sedikit berbeda. Jika pembukuan hanya terbatas pada proses pencatatan, akuntansi lebih luas daripada itu, yaitu meliputi identifikasi dan komunikasi. Akuntansi identik halnya dengan keuangan sebab akuntansi menyediakan informasi serta memudahkan seseorang untuk mengetahui kondisi keuangan suatu perusahaan atau organisasi.

Laporan keuangan yang merupakan hasil akhir dari akuntansi di dalamnya ada berbagai macam laporan seperti laporan laba rugi, laporan perubahan modal, neraca, dan laporan arus kas yang satu sama lain sangat berhubungan yang juga disebut dengan artikulasi laporan keuangan.

Selain menyediakan informasi keuangan, akuntansi juga bermanfaat sebagai bahan evaluasi keuangan terutama pada lingkup perusahaan. Seorang investor akan menanamkan modalnya setelah mengetahui kondisi perusahaan melalui laporan keuangan.

Akuntansi untuk kepentingan bisnis meliputi beberapa bidang, diantaranya:

  1. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan merupakan bidang yang berhubungan dengan pencatatan transaksi keuangan perusahaan secara berkala sebagai sumber informasi untuk manajemen, pemilik perusahaan dan kreditor. Hampir semua bisnis menerapkan akuntansi keuangan sebagai bentuk pelaporan dana perusahaan.

  1. Auditing atau Pemeriksaan Akuntansi

Bidang ini berkaitan dengan pemeriksaan laporan keuangan. Proses auditing sangat penting untuk mengetahui ada tidaknya korupsi di dalam perusahaan maupun lembaga.

  1. Akuntansi Perpajakan

Bidang akuntansi ini berkaitan dengan pelaporan pajak dari keuangan perusahaan. akuntansi perpajakan penting sebagai pertimbangan terkait konsekuensi dari transaksi perusahaan.

  1. Akuntansi Budgeter

Bidang akuntansi ini dibuat untuk mengatur anggaran perusahaan tentang rencana penggunaan uang dalam periode tertentu.

  1. Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya biasanya digunakan untuk mengendalikan budget atau anggaran perusahaan. gunanya untuk menekan kegunaan dana perusahaan meskipun sudah dianggarkan.

  1. Akuntansi Organisasi Nirlaba

Bidang akuntansi berkaitan dengan rencana anggaran namun bukan untuk mendapat keuntungan. Biasanya akuntansi ini digunakan pada dana CSR suatu perusahaan.

Baca Juga : Jenis-Jenis Batuan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *