Pengertian dan faktor yang mempengaruhi fotosintesis

Pengertian dan faktor yang mempengaruhi fotosintesis – Fotosintesis adalah salah satu cara tumbuhan untuk menghasilkan makanan serta energi.

Pengertian dan faktor yang mempengaruhi fotosintesis
Pengertian dan faktor yang mempengaruhi fotosintesis

Adapun pengertian lain dari Fotosintesis adalah pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau melalui suatu proses biokimia pada klorofil dengan bantuan sinar matahari. Karena kemampuannya membuat makanannya, tumbuhan hijau dikenal juga sebagai organisme autotrof.

Menurut bahasa Fotosintesis berasal dari kata foto yang artinya cahaya dan sintesis yang berarti penyusunan. Dengan kata lain, fotosintesis merupakan proses penyusunan bahan organik (karbohidrat) dari H2O dan CO2 dengan bantuan energi cahaya.

Proses Fotosintesis hanya dapat terjadi jika tumbuhan mempunyai zat hijau daun atau yang sering disebut dengan klorofil, yaitu pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari yang kemudian dikonversikan menjadi energi kimia yang terikat dalam molekul karbohidrat.

Baca Juga : Pengertian dan Sifat-Sifat Gen

Faktor-faktor yang mempengaruhi Fotosintesis

Setelah mengetahui pengertian fotosintesis secara singkat, pada poin-poin di bawah ini terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis itu sendiri, antara lain :

  1. Faktor internal tumbuhan

Yang pertama adalah faktor internal dari tumbuhan itu sendiri, seperti translokasi karbohidrat, umur daun, ketersediaan nutrisi, kerusakan organ-organ tumbuhan yang berpengaruh pada proses fotosintesis seperti kerusakan pada daun, jumlah daun yang sedikit, dll.

  1. Faktor Lingkungan

Faktor yang kedua ialah faktor lingkungan. Faktor ini dikenal sebagai faktor pembatas atau faktor penghambat fotosintesis karena berpengaruh secara langsung terhadap laju fotosintesis. adapun beberapa faktor lingkungan yang berpengaruh pada proses fotosintesis, antara lain :

  • Intensitas cahaya.

Laju fotosintesis akan tinggi ketika intensitas cahaya matahari yang diterima oleh tumbuhan hijau sangat banyak.

  • Suhu

Untuk mengaktifkan enzim-enzim yang bekerja pada proses fotosintesis diperlukan suhu yang optimal

  • Konsentrasi karbondioksida

Semakin banyak karbondioksida yang terlepas di udara, makin banyak jumlah bahan yang dapat digunakan oleh tumbuhan untuk melangsungkan proses fotosintesis.

  • Kadar air

Air berfungsi untuk mengontrol stomata. Jika terjadi kekurangan air akan menyebabkan stomata menutup, hal ini akan menghambat proses penyerapan karbondioksida yang dapat berakibat turunnya laju fotosintesis.

  • Kadar fotosintat (hasil fotosintesis)

Jika kadar fotosintat berkurang, laju fotosintesis akan naik. Sedangkan, jika kadar fotosintat meningkat hingga mencapai titik jenuh laju fotosintesis akan mengalami penurunan.

  • Tahap pertumbuhan

Faktor yang terakhir adalah tahap pertumbuhan dari tumbuhan itu sendiri. sebab, tumbuhan yang baru tumbuh membutuhkan banyak energi daripada tumbuhan dewasa. Oleh karena itu laju fotosintesis pada tanaman yang baru tumbuh lebih tinggi daripada tumbuhan dewasa.

Baca Juga : Hubungan Antara Sintesis Protein dengan Ekspresi Gen

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *