Pengertian Dan Jenis Jenis Investasi

Pengertian Dan Jenis Jenis Investasi – Tentu anda sudah tahu istilah investasi. Namun, tidak semua orang paham definisinya.

Pengertian Dan Jenis Jenis Investasi
Pengertian Dan Jenis Jenis Investasi

Sederhananya, investasi adalah kerjasama dalam bentuk penyimpanan dana di perusahaan untuk periode tertentu agar digunakan untuk kepentingan perusahaan. Nantinya, si investor akan mendapatkan keuntungan dari perusahaan tersebut.

Pengertian Investasi

Secara etimologi bahasa, investasi adalah bagian dari kegiatan aktiva. Sebuah istilah yang menjelaskan tentang akumulasi aktiva dengan harapan akan muncul keuntungan darinya.

Sedangkan menurut teori bisnis, investasi adalah kegiatan penanaman modal di sebuah perusahaan. Sedang sang pemilik saham, emas, properti atau orang yang melakukan investasi disebut investor.

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Definisi investasi juga bisa diambil dari perspektif ilmu ekonomi. Ini dia pendapat para ekonom tentang hal tersebut, yaitu:

1. Haming dan Basalamah

Menurut Haming dan Basalamah, investasi adalah pengeluaran saat ini untuk membeli berbagai produk aktiva yang nyata demi tujuan mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.

2. Mulyadi

Mulyadi memberikan pengertian yang lebih ringkas. Menurutnya, investasi adalah sumber dana jangka panjang yang bisa menghasilkan laba besar di masa depan.

3. Sadono Sukirno

Sadono Sukirno menyatakan, investasi adalah kegiatan penanam modal menyuntikkan dana di masa sekarang untuk dijadikan alat pembelian sarana produksi sehingga hasil produk barang dan jasa lebih berkualitas.

Jenis-Jenis Investasi

Selain definisi investasi, Jenis Investasi juga harus diketahui. Berikut beberapa jenis investasi yang lumrah digunakan investor, yaitu:

1. Deposito

Deposito adalah kegiatan penanaman modal berupa uang di suatu perusahaan. Nantinya, investor akan mendapat keuntungan yang berupa bunga dengan jumlah sesuai kesepakatan bersama.

2. Saham

Saham merupakan jenis investasi yang lumrah dijalankan di perusahan. Investor terbesar dianggap memiliki aset perusahaan sesuai persentase saham yang disumbangkan.

3. Obligasi

Obligasi tergolong jenis investasi yang sering ditemukan pada bisnis jasa pinjaman modal. Keistimewaan investasi semacam ini ialah, keuntungan investor lebih besar karena bunga yang ditawarkan lebih tinggi.

4. Reksadana

Reksadana adalah jenis investasi yang paling disukai masyarakat. Karena cara memainkannya cukup mudah. Investasi ini dianggap sebagai tempat uang kolektif dengan seorang manajer sebagai pengelola.

5. Investasi Properti

Investasi properti merupakan investasi non rill karena tidak berupa uang. Melainkan berbentuk bangunan seperti apartemen, perumahan dan lain-lain. Keistimewaan investasi ini adalah peluang merugi sangat kecil.

Nah, itulah pengertian dan jenis investasi yang sering kita dengar. Semoga, hal ini bisa menjadi pengetahuan baru utamanya bagi anda yang tertarik dengan masalah ekonomi dan bisnis.

Baca Juga : Contoh Kebutuhan Primer

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *