Pengertian dan Manfaat Teknik Tabulampot

Pengertian dan Manfaat Teknik Tabulampot – Tabulampot adalah tanaman yang dibudidayakan di dalam pot, baik itu sebagai hiasan maupun untuk diambil produksi buahnya.

Pengertian dan Manfaat Teknik Tabulampot
Pengertian dan Manfaat Teknik Tabulampot

Merawat tabulampot bisa menjadi alternatif apabila ingin merawat tanaman namun memiliki lahan yang terbatas seperti yang tinggal di daerah perkotaan.

Baca Juga : Morfologi Belimbing Wuluh

Menanam tabulampot memang tak membutuhkan lahan yang luas, namun permasalahannya perawatan tabulampot pun memiliki beberapa trik khusus mulai dari penyiapan bibit, penyiapan media, perawatan dari penyakit atau hama serta penggantian media dan pot.

Hal ini agar tabulampot dapat tumbuh dengan maksimal baik batang serta daun dan bunganya dan menghasilkan buah apabila yang ditanam adalah tanaman yang memproduksi buah.

Merawat tabulampot, berarti harus sering memangkas tanaman karena kesehatan tabulampot tergantung dari bentuk tanamannya. Pada tabulampot, dahan dan daun akan tumbuh tidak teratur dan ini akan memengaruhi kesehatan tanaman terutama daun yang tidak terkena sinar matahari akan menjadi parasit bagi tanaman tersebut karena tidak bisa melakukan proses fotosintesis.

Walaupun tergolong membutuhkan perawatan ekstra, merawat tabulampot memiliki beberapa keuntungan tertentu, antara lain bisa memaksimalkan lahan sempit untuk melakukan budidaya suatu tanaman dan bila dirawat dengan baik terutama tanaman yang menghasilkan buah, maka buah yang dihasilkan bisa dipanen untuk konsumsi pribadi. Selain itu, perawatan tanaman dengan teknik tabulampot juga bisa lebih maksimal karena hama serta penyakit yang mungkin menyerang tanaman bisa lebih dikontrol dengan lebih maksimal.

Demikian pula kebutuhan air juga lebih mudah dikontrol. Melakukan teknik menanam dengan tabulapot juga memberikan keuntungan tersendiri, yaitu tanaman mudah untuk dipindahkan tanpa takut resiko akarnya tercerabut dengan tidak sempurna atau sebagainya.

Bagi yang tinggal di perkotaan dan memiliki lahan yang tidak luas, menanam pohon yang bisa tumbuh besar memang kurang dimungkinkan, sehingga tabulampot bisa juga digunakan sebagai alternatif agar daerah sekitar rumah tetap rindang dan sejuk.

Proses fotosintesis tumbuhan yang menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen bisa membuat udara sekitar menjadi lebih segar sehingga tak ada ruginya mencoba berkreasi dengan tabulampot sebagai alternatif menanam pohon yang lebih mudah diatur perkembangannya.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jamur Merang

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *