Pengertian Dan Prinsip Pendidikan Karakter

Pengertian Pendidikan Karakter – Prinsip Pembelajaran atau Proses Pendidikan Berkarakter adalah sebuah rangkaian proses ‘interaksi’ antar para peserta didik, antara peserta didik dengan pendidik dan sumber – sumber pembelajaran di dalam suatu lingkungan belajar – mengajar.

Sedangkan Penilaian Prinsip Pendidikan merupakan sebuah proses yang wajib dilakukan guna mengukur rangkaian proses pencapaian kompetensi terhadap para peserta didik yang dilakukan secara berkelanjutan berhubungan dengan proses pembelajaran guna memberikan pengawasan untuk kemajuan dan perbaikan terhadap hasil belajar – mengajar dari para peserta didik.

Pengertian Terhadap Penilaian

 Guna mendapatkan pemahaman tentang hal – hal yang berhubungan dengan pelaksanaan penilaian terhadap hasil dari proses belajar – mengajar oleh peserta pendidik maka di bawah ini kami berikan 4 pengertian yang berhubungan dengan penilaian yang dimaksud berlaku terhadap Sekolah Dasar / SD sebagai berikut :

  1. Adanya pengaplikasian terhadap Standar Penilaian Pendidikan adalah salah satu kriteria yang menyangkut tentang prosedur dan mekanisme serta instrumen terhadap penilaian hasil proses belajar – mengajar bagi peserta didik.
  2. Erat hubungannya dengan proses pembelajaran adalah sebuah proses ‘interaksi’ antar peserta didik, antara peserta didik dengan kelompok pendidik serta sumber – sumber pembelajaran di dalam sebuah lingkungan belajar – mengajar.
  3. Adanya sebuah penilaian yaitu proses diberlakukannya kegiatan untuk mengukur pencapaian dari ‘kompetensi’ terhadap para peserta didik yang dilakukan secara berkelanjutan guna memulai proses pembelajaran untuk selanjutnya mengontrol kemajuan dan melakukan perbaikan – perbaikan terhadap hasil belajar – mengajar bagi para peserta didik.
  4. Berkaitan dengan penilaian harian / PH merupakan kegiatan – kegiatan yang diadakan baik itu yang bersifat periodik guna mengukur adanya pencapaian terhadap kompetensi dari peserta didik usai menyelesaikan sebuah kompetensi dasar / KD atau lebih dari satu kegiatan yang dimaksud.

Prinsip – Prinsip Dalam Penilaian

Penilaian yang diberlakukan terkait dengan penjelasan tersebut di atas adalah berdasarkan kepada prinsip – prinsip tersebut di bawah ini :

  1. Prinsip Sahih mengandung makna tentang penilaian – penilaian yang didasarkan kepada kumpulan data – data di dalamnya mencerminkan kemampuan suatu objek yang akan diukur.
  2. Prinsip Objektif adalah penilaian – penilaian yang didasarkan kepada suatu prosedur dan kriteria yang jelas dimana tidak dapat dipengaruhi oleh ‘subjektivitas’ dari penilai.
  3. Prinsip Keadilan / adil adalah penilaian – penilaian yang tidak bersifat menguntungkan atau merugikan para peserta didik karena masing – masing memiliki kebutuhan khusus dan perbedaan latarbelakang dalam hal agama, budaya, suku, adat – istiadat, status sosial ekonomi dan gender.
  4. Prinsip Terpadu mengandung makna penilaian – penilaian yang dilakukan oleh para pendidik yang merupakan rangkaian dari sebuah komponen tak terpisahkan dari kegiatan proses belajar – mengajar.

Karakteristik Dalam Penilaian

Penilaian – penilaian yang tercantum dalam kurikulum tahun 2013 adalah mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  1. Ketuntasan dalam proses belajar – mengajar merupakan standar pencapaian minimal harus mampu dilalui terhadap kompetensi masing – masing proses pemuatan pelajaran yang wajib dikuasai oleh para peserta didik pada kurun waktu yang sudah tersedia.
  2. Penilaian wajib dilakukan guna mengukur pencapaian terhadap kompetensi yang bersifat ‘holistik’ yaitu berhubungan dengan faktor sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dinilai secara bersamaan disesuaikan dengan kondisi yang bersangkutan.
  3. Berkesinambungan dimaksudkan adalah sebagai penilaian yang berlaku secara berkesinambungan dan berkelanjutan selama berlangsungnya proses pembelajaran.
  4. Mengaplikasikan bentuk – bentuk dan teknik penilaian yang bersifat bervariasi terhadap penilaian dari sikap, keterampilan, pengetahuan dan memakai beragam teknik penilaian yang disesuaikan terhadap karakteristik kompetensi yang akan dinilai nantinya.

Demikian kami menguraikan tentang pengertian dan prinsip pendidikan karakter, semoga dapat menambah wawasan dan memberikan pengetahuan baru terhadap dunia pendidikan yang berguna bagi para pembaca khususnya para guru / dosen.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *