Pengertian dan Proses Terbentuknya Trombosit

Pengertian dan Proses Terbentuknya Trombosit – Tentu anda pernah mendengar istilah trombosit. Istilah yang sering muncul ketika anda selesai melakukan cek darah di laboratorium. Bahkan, saat ini, kata trombosit semakin populer pasca merebaknya penyakit Demam Berdarah (DB). Karena kabarnya, penyakit yang cukup kronis ini diakibatkan oleh menurunnya trombosit.

Pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang trombosit. Narasi yang akan mengungkap tentang pengertian (definisi) beserta proses terbentuknya trombosit. Semoga apa yang akan kami jabarkan ini menjadi tambahan dialektika yang baru sehingga anda bisa memahami pentingnya sebuah trombosit bagi tubuh.

Pengertian Trombosit

Trombosit adalah salah satu sel darah yang bekerja ketika darah mengalami hambatan (beku). Nama lain sel yang amat penting ini adalah platelet. Manakala arteri atau pembuluh darah mengalami masalah seperti bocor dan sebagainya, trombosit akan bekerja untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada organ. Sehingga dalam beberapa saat, gangguan arteri dan pembekuan darah tidak membahayakan organ tubuh seperti jantung dan ginjal.

Jumlah trombosit di dalam tubuh harus ideal. Minimal 150.000 hingga 400.000 per mikro liter darah. Jika kurang dari jumlah tersebut yang disebut dengan istilah trombositopena, efeknya adalah kerja sel darah tidak maksimal jika mengalami pembekuan. Sebaliknya jika jumlah trombosit terlalu tinggi, tekanan darah semakin kuat manakala arteri masih berfungsi dengan normal.

Trombosit juga mengalami metabolisme dalam tubuh. Bahkan, sel yang mampu bertahan hidup hanya sampai 9 hari ini, bisa mati dengan sendirinya. Lalu limpa akan memproses darah untuk menciptakan trombosit yang baru. Kerja metabolisme inilah yang seharusnya menjadi penyeimbang jumlah trombosit di dalam darah.

Proses Terbentuknya Trombosit

Setelah anda memahami tentang pengertian trombosit, berikut ini kami juga jelaskan mengenai proses Terbentuknya Trombosit.

Proses terbentuknya trombosit disebut dengan istilah megakariopoiesis. Pasalnya trombosit hanya bisa dihasilkan dari sumsum tulang dengan bantuan peristiwa fragmentasi yang disebut fragmentasi sitoplasma megakariosit. Dalam setiap megakariosit mampu menghasilkan trombosit sebanyak 4000 buah. Nantinya, Trombosit ini akan dikontrol oleh zat tertentu yang dikeluarkan oleh ginjal dan hati yang disebut trombopoietin.

Itulah pengertian dan proses pembentukan trombosit. Semoga ada manfaatnya untuk kita semua utamanya faedah yang berhubungan dengan unsur-unsur tubuh.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *