Pengertian Dan Tahapan Dalam Interpretasi Citra

Pengertian Dan Tahapan Dalam Interpretasi Citra – Seperti diketahui bahwa sistem kerja dari penginderaan jarak jauh wajib dilakukan dengan cara sistematis dan terstruktur yang merupakan salah satu bagian terpenting daripada tahapan – tahapan di dalam ‘interpretasi citra’ melalui sebuah proses pengambilan foto dengan mengaplikasikan trik – trik tertentu guna mendapatkan hasil ‘korelasi’ yang dapat disesuaikan dengan fakta – fakta yang ada di lapangan.

Pengertian Dan Tahapan Dalam Interpretasi Citra
Pengertian Dan Tahapan Dalam Interpretasi Citra

Pengertian interpretasi citra penginderaan jarak jauh atau ‘indraja’ adalah rangkaian proses pembentukan pembelajaran yang dilaksanakan untuk tujuan mengkaji foto – foto atau citra yang akan dimanfaatkan nantinya sehingga hal ini mampu melakukan pengidentifikasian terhadap objek dengan menilai arti masing – masing objek bersangkutan.

Langkah – Langkah / Tahapan Dalam Melakukan Interpretasi Citra

Perhatikan terhadap rangkaian proses dari tata cara yang hendak dipakai untuk memperoleh hasil berupa manfaat terhadap penginderaan jarak jauh antara lain adalah sebagai berikut :

1. Tahapan deteksi

Langkah awal dalam interpretasi citra adalah melakukan deteksi yang mengandung makna sebagai salah satu kegiatan untuk melakukan pengamatan awal terhadap objek – objek yang terekam dan tergambar melalui foto atau citra. Proses ini disebut dengan istilah proses ‘delineasi’ atau penarikan terhadap garis batas yang bisa dilakukan terhadap kenampakan objek secara umum bersifat sama.

2. Tahapan identifikasi

Merupakan tahapan kedua dalam tata cara penghitungan terhadap interpretasi citra di dalam satelit adalah merupakan rangkaian sebuah proses identifikasi yang di dalamnya melibatkan beberapa unsur interpretasi untuk dilakukan, dimana hal ini akan sejalan dengan adanya teori – teori berdasarkan atas ciri disertai karakteristik yang bersangkutan sudah dikenal sebelumnya.

3. Tahapan analisis

Pada tahap akhir ini, bentuk interpretasi citra / indraja adalah merupakan salah satu kesimpulan atas serangkaian proses kegiatan interpretasi yang selanjutnya dikenal dengan proses analisis. Sehingga diharapkan langkah – langkah yang ditempuh akan terfokus dan tertuju kepada objek yang senantiasa memiliki gambar jelas terhadap citra yang mudah untuk dikenali.

Tahapan Terkait Dengan Ciri – Ciri Dari Interprestasi Citra

Dikenal ada beragam unsur di dalam interpretasi citra yang menjadi penghitungan dasar untuk selanjutnya melangkah diantara hal – hal lainnya terkait antara satu dengan lainnya adalah sebagai berikut :

1. Ciri – ciri spektral

Merupakan ciri pertama dalam hubungannya dengan interpretasi citra yang bersifat spektral yang identik dan mencerminkan tentang karakteristik khas mampu menunjukkan penghitungan dengan melakukannya terhadap nuansa alam yang berlatarbelakang kegelapan atau tingkat kecerahan dari objek terhadap citra.

2. Ciri temporal

Ciri khas temporal yang dimaksud dalam tahapan ini adalah penghitungan terhadap interpretasi citra merupakan salah satu ciri dari objek yang ditangkap sangatlah erat hubungannya terhadap ruang waktu dimana terjadinya kegiatan perekaman atau berhubungan dengan umur, tahun dan  objek citra yang dihasilkan.

3. Ciri spasial

Ciri spasial erat hubungannya dengan unsur interpretasi citra adalah sangat dekat dengan ruang yang khusus memperhatikan rangkaian kondisi di dalam ruang yang dimaksud berhubungan di dalam penghitungan cita foto dan non foto.

Bentuk – bentuk tersebut di atas antara lain adalah terwujud sebagai berikut :

  1. Bentuk yang merupakan salah satu unsur interpretasi untuk memberikan kerangka acuan terhadap sesuatu objek berupa bentuk luar dan lebih terperinci.
  2. Memiliki ukuran yang meliputi beberapa atribut terhadap objek berupa jarak, tinggi, luas, kemiringan dan volume.
  3. Erat hubungannya dengan rona yang menunjukkan ‘fluai’ pantulan dari objek.
  4. Memiliki tekstur berupa tingkatan terhadap frekuensi untuk melakukan perubahan rona pada citra.
  5. Mengadakan pola yang akan menunjukkan tentang susunan ke dalam ruangan objek daripada citra objek.
  6. Terdapat situs yang memberi petunjuk tentang letak atau lokasi umum terhadap sebuah objek.

Contoh Interpretasi Citra Pengindraan Jarak Jauh

Ada banyak sekali contoh yang bisa dikemukakan dalam rangka mendalami sebuah materi tentang pengertian dan tahapan dalam interpretasi citra misalnya saja adalah melalui proses pengamatan dilakukan terhadap jalan raya.

Dengan struktur yang lebih terang serta mempunyai bagian potong berbentuk tegak lurus, maka akan terbentuk sebuah kondisi yang akan menjadi kesesuaian dari kenyataan seperti tertuang pada syarat Peta yang telah direncanakan dan digambarkan sebelumnya.

Demikianlah tulisan kami kali ini tentang pengertian dan tahapan dalam interprestasi citra serta hal – hal lainnya terstruktural. Semoga mampu menyumbangkan wawasan dan meningkatkan ilmu pengetahuan bagi yang membaca.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *