Pengertian Ebola

Pengertian Ebola – Siapa yang senang kalau sakit? Tentunya tidak ada, ya. Sakit yang ringan saja sudah membuat kita merasa tidak nyaman, apalagi sakit yang berat seperti terjangkit virus Ebola.

Sudah tau tentang Ebola? Wah, kalau belum tahu, kita perlu cari tahu lebih lanjut nih tentang virus Ebola. Virus ini dapat menyebabkan penyakit yang tidak dapat disepelekan, lho!

Ebola adalah virus yang dapat menyebabkan terjadinya pendarahan parah, kegagalan organ, hingga kematian. Angka kematiannya dapat mencapai 90%.

Virus yang pertama kali ditemukan pada tahun 1976 ini dapat menyerang manusia dan hewan primata seperti monyet, gorilla, dan simpanse.

Penularannya dapat terjadi melalui kontak langsung dengan darah, atau cairan tubuh lainnya.  Jika terinfeksi virus ini, penderita akan mengalami demam, nyeri otot dan sendi, sakit kepala dan tenggorokan, muntah, diare, hingga gagal ginjal serta fungsi hati.

Selain itu, timbul pula ruam pada kulit, namun identifikasi terjangkitnya penyakit Ebola tetap harus melalui pemeriksaan laboratorium. Gejala-gejala tersebut timbul setelah 2-21 hari terinfeksi virus Ebola dan pada masa timbul gejala tersebut, pasien akan mudah menularkan virus Ebola.

Karena parahnya dampak yang dapat ditimbulkan dan mudahnya terjadi penularan, pasien yang diduga atau yang sudah dikonfirmasi terjangkit virus Ebola perlu dirawat di ruang isolasi dengan pengawasan ketat untuk mengendalikan penyebaran virusnya.

Hingga saat ini, belum ada obat khusus untuk menyembuhkan penyakit Ebola, namun pasien dapat sembuh bila secara cepat dilakukan penanganan yang tepat.

Untuk itu, kita harus menjaga kebersihan seperti mencuci tangan setiap kali berkunjung ke rumah sakit atau area dimana terdapat pasien yang terjangkit virus Ebola.

Baca Juga : Cara Mengobati Katarak

Selain itu, diperlukan juga untuk membatasi kontak dengan hewan-hewan yang memiliki resiko terinfeksi virus Ebola dan bila mengalami gejala-gejala yang disebutkan di atas, harus segera dilakukan pemeriksaan agar langsung diberikan penanganan yang tepat.

Nah sekarang kita sudah tahu lebih banyak tentang virus Ebola. Yuk kita perhatikan lingkungan sekitar kita dan tentunya terus jaga kesehatan diri kita dan orang-orang tersayang kita, ya!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *