Pengertian Evaluasi

Pengertian EvaluasiPengertian Evaluasi adalah saduran dari bahasa Inggris, evaluation, yang berarti penilaian. Menurut KBBI, evaluasi memiliki arti pengumpulan dan pengamatan dari berbagai macam bukti untuk mengukur dampak dan efektivitas dari suatu objek, program, atau proses berkaitan dengan spesifikasi dan persyaratan pengguna yang telah ditetapkan sebelumnya.

Nurkancana (1983) menyatakan bahwa evaluasi adalah kegiatan yang dilakukan sehubungan dengan proses untuk menentukan nilai dari suatu hal. Sementara Raka Joni (1975) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan evaluasi adalah tahapan untuk membuat pertimbangan akan suatu barang, hal atau gejala dengan mempertimbangkan beragam faktor yang kemudian disebut Value Judgment.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa evaluasi adalah proses menetukan nilai untuk suatu hal atau objek yang berdasarakan pada acuan-acuan tertentu untuk menentukan tujuan tertentu.

Dalam perusahaan, evaluasi dapat didefinisikan sebagai proses pengukuran efisiensi strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Data yang diperoleh dalam evaluasi tersebut akan digunakan sebagai analisis situasi program berikutnya.

Evaluasi memiliki banyak kegunaan dalam berbagai bidang kehidupan manusia sehingga meningkatkan efektivitas dan produktivitas, baik dalam lingkup individu, kelompok, maupun lingkungan kerja. Beberapa informasi yang didapatkan dari proses evaluasi antara lain:

  • Tingkat kemajuan suatu kegiatan.
  • Tingkat pencapaian suatu kegiatan sesuai dengan tujuannya.
  • Hal-hal yang harus dilakukan di masa mendatang.

Untuk lebih memahami evaluasi, berikut ini pengertian evaluasi dari beberapa ahli:

  1. Anne Anastasi – Menurut Anne Anastasi (1978), arti evaluasi adalah proses sistematis untuk menentukan sejauh mana tujuan instruksional dicapai oleh seseorang. Evaluasi merupakan kegiatan untuk menilai sesuatu secara terencana, sistematik, dan terarah berdasarkan tujuan yang jelas.
  2. Sajekti Rusi – Sajekti Rusi (1988) menyebutkan bahwa pengertian evaluasi adalah proses menilai sesuatu, yang mencakup deskripsi tingkah laku siswa baik secara kuantitatif (pengukuran) maupun kualitatif (penilaian).
  3. Suharsimi Arikunto – Menurut Suharsimi Arikunto (2003) yang dimaksud evaluasi adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program pendidikan.
  4. A.D Rojaikkers – Menurut A.D Rooijakkers, pengertian evaluasi adalah suatu usaha atau proses dalam menentukan nilai-nilai.
  5. Norman E. Gronlund – Menurut Norman E. Gronlund (1976), yang dimaksud evaluasi adalah suatu proses sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah tercapai oleh siswa.
  6. Abdul Basir – Menurut Abdul Basir (1996), arti evaluasi adalah proses pengumpulan data yang deskriptif, informative, prediktif, dilaksanakan secara sistematik dan bertahap untuk menentukan kebijaksanaan dalam usaha memperbaiki pendidikan.
  7. William A. Mehrens dan Irlin J. Lehman – William A.Mehrens dan Irlin J. Lehmann (1978) menyatakan bahwa pengertian evaluasi adalah proses yang merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *