Pengertian Filsafat Adalah 

Pengertian Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang menjadikan logika sebagai jawaban atas segala persoalan kehidupan. Artinya, setiap problem hidup, bisa diselesaikan secara filosofis sebagai dasar teori dan praktek.

Pengertian Filsafat Adalah 
Pengertian Filsafat Adalah 

Pengertian lain adalah filsafat merupakan kebijaksanaan manusia dalam menyelesaikan problem kehidupannya dengan mengacu pada teori ilmiah dan empiris (pengalaman).

Akar Kata Filsafat

Secara akar kata atau etimologi, filsafat dipetik dari dua kata berbahasa Yunani yaitu philo dan shopia. Philo bermakna cinta sedangkan shopia adalah kebijaksanaan.

Ciri-Ciri Filsafat

Filsafat memiliki ciri-ciri berbeda dengan ilmu pengetahuan lain seperti sastra, agama dan moral. Karena tanda kental filsafat adalah murni mempergunakan nalar pikiran (logika) ketika menjawab persoalan. Ini dia ciri-ciri yang lebih lengkap, yaitu:

  1. Bersifat Universal

Pemikiran filsafat tidak terbatas pada objek tertentu. Melainkan universal yang bisa dikaitkan satu sama lain. Seperti mengaitkan antara kebebasan dengan keadilan dan lain-lain.

  1. Tidak Faktual

Tidak faktual dalam arti pemikiran filsafat sangat spekulatif sekalipun secara logis cukup masuk akal. Ini juga ciri yang membuktikan kalau pemikiran filsafat tidak disertai bukti dan fakta ilmiah.

Cabang-Cabang Filsafat

Para ahli membagi filsafat menjadi cabang-cabang khusus. Berikut list cabang tersebut yang lumrah dikaji oleh ilmuwan, yaitu:

  1. Epistemologi

Epistemologi adalah cabang filsafat yang menjelaskan pasal munculnya pengetahuan. Yang termasuk kategori ini adalah mengkaji metodologi, struktur, validitas dari ilmu pengetahuan.

  1. Metafisika

Metafisika adalah cabang filsafat yang mencoba menjelaskan keberadaan objek non realitas. Karena menurut ahli, objek non realitas sekalipun, pasti memiliki realitasnya sendiri.

  1. Logika

Logika adalah cabang filsafat yang mempelajari cara berpikir dengan benar. Di dalamnya dikaji persoalan logis, empiris, berpikir struktural, silogisme dan lain lain.

  1. Etika

Etika merupakan kajian filsafat mengenai sifat mahluk. Baik yang berupa sifat baik maupun sifat buruk. Kajian filsafat inilah yang sejatinya penting dipelajari masyarakat.

  1. Estetika

Estetika adalah cabang filosofi yang mempelajari tentang keindahan. Bahasan kajian adalah bagaimana keindahan terbentuk dan bagaimana keindahan bisa sampai pada manusia.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian, jenis dan cabang-cabang filsafat. Semoga bisa menambah wawasan anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *