Pengertian HRD dan Fungsi HRD

Pengertian HRD dan Fungsi HRD – Human Resource Departement atau biasa disingkat oleh kita dengan nama HRD, sebelumnya saya ingin mengetahui apakah kamu mengetahui maksud dari HRD itu ?

HRD ini biasanya di ada di perusahaan ya, buka di gado – gado atau ketoprak. Yap !

Pengertian HRD dan Fungsi HRD
Pengertian HRD dan Fungsi HRD

Pengertian HRD

Pengertian HRD merupakan sebuah bagian pada sebuah perusahaan yang mana menjalankan fungsi dari HRM, nah kalo HRM tau gak ?

bukan !

bukan yang ada di batagor, tapi HRM sendiri adalah aktivitas yang meliputi perancangan untuk memenuhi kebutuhan dan berkoordinasi mengenai sumber daya manusia pada sebuah organisasi ( Byars dan Rue ; Human Resource Management 7th).

Sumber daya manusia dari sebuah organisasi dianggap sebagai sebuah perwakilan dari salah satu investasi terbesar dari sebuah perusahaan, mengapa demikian ?

karena setiap aktivitas perusahaan ketika dimulai, diproses, dan diakhiri sudah melekat dengan sumber daya manusianya, dan seringkali nilai sumber daya manusia suatu organisasi menjadi jelas ketika organisasi tersebut dijual, yang mana harga pembelian lebih besar dibandingkan dengan keseluruhan nilai total dari asset fisik dan finansial.

Human Resource Management merupakan istilah modern untuk merepresentasikan sebuah kata yang tradisional dimana mengacu pada personnel administration atau personnel management, bagaimanapun beberapa ahli mempercayai bahwa Human Resource Management berbeda dibandingkan dengan personnel management, para ahli tersebutberpendapat bahwa personnel management memiliki arti yang lebih sempit, dan lebih berorientasi klerk daripada manajemen sumber daya manusia.

Udah paham blm HRD itu apa dan apa yang mereka lakukan ?

oke kalo belum paham kita lanjut ke fungsi dari manajemen sumber daya manusia yang merupakan aktivitas inti dari HRD.

Human Resource Management memiliki fungsi dan fungsi terseut mengacu pada tugas dan kewajiban berorientas kinerja pada organisasi besar maupun kecil untuk dapat memenuhi kebutuhan dan mengkoordinasikan sumber daya manusia.

pada aktivitas HRM sendiri meliputi berbagai aktivitas yang secara signifikan akan mempengaruhi seluruh area organisasi, adapun fungsinya sebagai berikut :

  • Perencanaan sumber daya manusia, rekrutmen, dan seleksi
  • Pengembangan sumber daya manusia
  • Kompensasi dan benefit
  • Kesehatan dan keselamatan kerja
  • Hubungan karyawan dan buruh
  • Penelitian mengenai Sumber daya Manusia

Cukup banyak ya aktifitas dari bagian sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan, nah HRD berusaha memastikan bahwa organisasi yang menjadi tempat mereka bernaung telah terpenuhi semua kebutuhannya dan setiap karyawan yang ada didalmnya merasakan kesetaraan dalam kesempatan kerja yang ada.

Yap, mungkin sekian yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian dan fungsi dari Human Resource department (HRD), semoga dapat memberikan manfaat sesuai dengan yang diinginkan, terimakasih.

Baca Juga : Pengertian Syair

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *