Pengertian Ikatan kimia adalah

Pengertian Ikatan kimia adalah – Semua yang ada di sekitr kita tak bisa terlepas dari atom. Atom terdiri dari proton dan neutron yang berada di nukleus dan dikelilingi oleh elektron.

Pengertian Ikatan kimia adalah
Pengertian Ikatan kimia adalah

Atom-atom tersebut saling bertukar elektron serta proton membentuk senyawa atau molekul lain. Pertukaran bagian elektron dalam atom hingga membentuk molekul atau senyawa lain disebut sebagai pengertian ikatan kimia.

Atom-atom yang ada akan selalu berusaha untuk saling melakukan pertukaran elektron maupun proton yang dimilikinya untuk menyesuaikan diri dan memenuhi kebutuhan elektronnya sehingga ia dapat mempertahankan kondisinya tetap stabil.  .

Dalam melakukan pertukaran kimia, terdapat beberapa tipe ikatan yang dapat terjadi. Tipe ikatan yang umumnya terjadi adalah ikatan ion, ikatan kovalen dan ikatan logam.

  • Ikatan ion

Ketika bergabung dengan atom lain. Sebuah atom akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan proton dan elektron yang dimilikinya agar tetap stabil.

Dalam ikatan ion, yang terjadi adalah partikel di dalam atom yang berlawanan saling tarik-menarik sehingga dapat membentuk senyawa atau molekul baru yang stabil.

Hal ini mengakibatkan sebuat senyawa atau molekul dapat kehilangan atau mendapatkan elektron atau proton dari atom yang ada di sekitarnya.

  • Ikatan kovalen

Elektron merupakan partikel yang pergerakannya paling tak dapat diprediksi. Elektron-elektron pada atom, yang bergerak semaunya akan saling berbagi untuk memenuhi kebutuhan elektron pada atom.

Pertukaran elektron pada ikatan kovalen tidak antar satu atom, dalam ikatan kovalen, beberapa atom dapat saling berbagi sekaligus. Semakin banyak atom yang saling berbagi elektron, maka ikatan yang dibuat akan semakin kuat.

  • Ikatan logam

Takukah kamu bahwa dalam tabel periodik banyak senyawa yang memiliki unsur logam? Ikatan logam merupakan kekuatan utama dalam menyatukan atom logam.

Ikatan ini terbentuk karena adanya tarik-menarik antara proton dari logam dengan elektron di sekitarnya yang bergerak bebas.

Baca Juga : Pengertian Sublimasi

Dari beberapa ikatan kimia yang membentuk atom ke molekul atau senyawa baru, perlu diingat bahwa sifat molekul yang terbentuk dari ikatan logam dengan ikatan ion maupun ikatan kovalen memiliki perbedaan. Senyawa yang terbentuk dari ikatan ion bersifat rapuh dan tidak mengantarkan aliran listrik pada bentuk padat.

Begitupun senyawa yang terbentuk dari ikatan kovalen umumnya merupakan penghantar listrik yang buruk dan biasanya berbentuk cairan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *