Pengertian Islam dalam Al-Quran

Pengertian Islam dalam Al-Quran – Pengertian islam jika ditinjau secara harfiah berarti aman, damai, bersih, dan juga taat. Kata islam merupakan kata yang bewujud dari 3 huruf. S (sin), L (lam), M (mim) yang jika digabungkan dan diterjemahkan berarti selamat atau Salama.

Pengertian Islam dalam Al-Quran
Pengertian Islam dalam Al-Quran

Sementara pengertian islam jika ditinjau dari bahasa adalah berasal dari kata aslama yang juga merupakan asal dari salama. Kata islam merupakan kata berwujud infinitif atau mashdar dari kata aslama.

Pengertian Islam

Di bawah ini akan kami jelaskan berbagai istilah islam ditinjau dari berbagai kata yang ada di dalam Al-Qur’an.

  1. Islam berasal dari kata ‘salm’ yang bermakna damai

Hal ini seperti yang tercantum dalam QS. 8: 61. Dari situ kita tahu bahwa kata salm memiliki arti perdamaian atau damai. Inilah yang menjadi salah satu identitas yang dimiliki dan akat selalu melekat dengan islam, dimana islam merupakan sebuah agama yang selalu menuntut umat manusia menuju perdamaian dan kedamaian.

  1. Islam berasal dari ‘aslama’ yang bermakna berserah

Hal tersebukti dimana seseorang yang beragama islam akan senantiasa berserah diri kepada Allah dengan ikhlas dan mengharap Ridha-Nya. Penyerahan diri tersebut bisa diketahui dengan menjalankan apa yang diperintahkan Allah serta menjauhi apa yang dilarang-Nya. Selain itu, orang yang beragama islam akan benar-benar berserah terhadap apa yang menjadi keputusan dan ketetapan Allah, tentunya setelah melakukan berbagai ikhtiar dan berdoa.

  1. Islam berasal dari istaslama-mustaslimun yang bermakna penyerahan secara menyeluruh hanya kepada Allah.

Hal ini seperti yang termaktub dalam QS. 37:26 yang berarti bahwa seorang muslim memang benar-benar diminta untuk berserah diri, baik jiwa dan raganya hanya kepada Allah.

Baca Juga : Pengertian dan Hukum Zakat

Setiap gerak, keputusan, pemikiran, dan semua hal yang berhubungan dengan seluruh aspek kehidupan dilakukan atas dasar penyerahan diri kepada Allah. Dengan begitu, manusia bisa mendapatkan ridho dan berkah-Nya.

  1. Islam berasal dari ‘saliim’ yang berarti suci dan bersih

Kita tahu bahwa islam merupakan agama yang bersih dan suci. Setiap pemeluknya akan selalu diajarkan agar bisa memiliki kesucian dan kebersihan jiwanya sehingga bisa menghantarkannya menuju suatu kebahagiaan yang haqiqi, yakni di dunia dan di akhirat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *