Pengertian Kompensasi

Pengertian KompensasiIstilah kompensasi tentunya tidaklah asing di telinga kita dan seringkali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Kompensasi
Pengertian Kompensasi

Bagi yang sudah memiliki pekerjaan, kompensasi seringkali disamaartikan sebagai gaji atau upah yang diterima oleh setiap individu sebagai imbal balik terhadap suatu jasa yang dilakukan oleh individu tersebut.

Secara lebih luas, kompensasi dapat diartikan sebagai semua imbalan atau pendapatan baik dalam bentuk uang maupun barang, yang dapat diterima secara langsung ataupun tidak langsung dimana hal tersebut dinilai sebagai imbalan atas jasa yang dilakukan atau diberikan seseorang kepada perusahaan atau kepada pihak lainnya.

Kompensasi dalam bentuk uang, dapat diartikan sebagai gaji yang biasa diterima dalam bentuk sejumlah uang kepada individu yang bersangkutan, sedangkan kompensasi dalam bentuk barang merupakan sesuatu yang diterima dalam bentuk selain uang, sebagai contohnya para penuai padi mendapatkan imbal balik atas pekerjaannya dalam bentuk berupa banyaknya padi yang telah mereka tuai tersebut dengan perhitungan yang sesuai dengan kesepakatan bersama diantara kedua belah pihak.

Pemberian kompensasi pun dapat diterima atau diberikan secara langsung maupun tidak langsung. Umumnya kompensasi yang diterima secara langsung biasanya berupa uang bisa dalam bentuk gaji, upah, bonus atau insentif.

Kompensasi dapat pula diberikan atau diterima secara tidak langsung, biasanya berupa pemberian fasilitas-fasilitas seperti penyediaan kendaraan kantor, atau diberikan program tertentu seperti penambahan cuti libur dan lainnya.

Pemberian kompensasi yang sesuai dapat membuat karyawan untuk bekerja lebih giat, sehingga meningkatkan produktivitas kinerja karyawan dan kualitas pekerjaannya pun meningkat karena dengan adanya kompensasi yang sesuai akan memotivasi karyawan untuk memperbaiki kinerjanya, hal ini pun tentunya akan menguntungkan para pemberi kerja.

Selain itu, kompensasi yang baik juga sebagai salah satu cara perusahaan dalam menghargai para karyawannya, dapat pula mempertahankan karyawan terutama karyawan yang memiliki kinerja yang baik dan dapat mengurangi tingkat turnover karyawan.

Baca Juga :

Dengan berkurangnya tingkat turnover karyawan pun akan dapat meminimalisir biaya-biaya yang mungkin timbul dan dikeluarkan perusahaan bilamana perusahaan tersebut merekrut karyawan baru.

Sehingga kompensasi yang baik dan sesuai tidak hanya menguntungkan para karyawan namun juga menguntungkan perusahaan tersebut.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *