Pengertian Printer

Pengertian Printer – Printer atau pencetak adalah sebuah piranti yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan baik berupa teks maupun berupa gambar dengan media kertas, mug, dan berbagai media lainnya.

Printer sendiri biasanya terdiri dari beberapa bagian diantaranya :

  • Picker, yaitu sebuah alat yang digunakan untuk mengambil kertas yang berada di tray
  • Tray, yaitu tempat untuk meletakkan kertas yang akan dicetak.
  • Tinta, yaitu bahan yang digunakan oleh pencetak agar mampu menampilkan teks atau gambar tertentu di berbagai media tertentu.

Ada banyak jenis printer yang dijual secara luas. Berikut ini adalah jenis-jenis printer yang pernah ada di pasaran :

  • Printer Dot-Matrix

Printer jenis ini adalah salah satu jenis printer yang berasal dari keluarga printer impact. Printer jenis ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970an. Printer ini berkerja dengan menggunakan kepala cetak yang menembak pita tinta untuk menghasilkan ratusan hingga ribuan titik-titik kecil yang pada akhirnya membentuk karakter hingga gambar. Saat ini, berbagai kalangan bisnis masih menggunakan printer jenis ini untuk mencetak faktur, struk dan lain-lainnya.

  • Printer Thermal

Printer jenis ini bekerja  dengan cara mengambil gulungan kertas termal yang sensitif terhadap suhu panas. Mekanisme cetaknya hanya menempelkan cetakan panas ke kertas termal tersebut, sehingga bagian yang terkena panas, akan menghitam, dan akhirnya membentuk karakter  maupun gambar. Printer jenis ini tidak memerlukan tinta, toner, ataupun perlengkapan yang lainnya, sehingga mudah untuk digunakan

  • Printer Ink Jet

Cara kerja dari printer jenis ini adalah dengan menyemprotkan tinta di dalam cartridge ke kertas, hingga menghasilkan karakter dan gambar dengan kualitas yang cukup tinggi. Umumnya, printer jenis ini memiliki beberapa warna di cartridge mereka, biasanya terdiri dari Hitam, Cyan, Magenta, dan Kuning.

  • Printer Laser

Printer jenis ini memiliki proses cetak yang lebih cepat daripada printer Ink jet namun dengan kualitas yang tinggi.

  • Printer 3D

Printer 3D pertama kali ditemukan oleh Charles W. Hull pada tahun 1980an. Printer 3D adalah printer paling canggih hingga saat ini. Printer 3D ini tidak menggunakan kertas dan tinta untuk mencetak, namun menggunakan filament untuk mencetak bentuk 3D.

  • All in one printer

Printer jenis ini adalah piranti pencetak yang sudah diberikan beberapa fungsi tambahan, umumnya fungsi-fungsi itu adalah, Fax, Scanner, OCR, dan Fotocopy.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *