Pengertian Roman

Pengertian Roman – Jika berbicara mengenai sastra, tentunya akan muncul berbagai pendapat. Ada yang mungkin akan mengatakan bahwa sastra lekat dengan puisi, cerpen, prosa, dan lainnya.

Pengertian Roman
Pengertian Roman

Ada juga yang mengatakan bahwa sastra merupakan ilmu yang mengungkapkan rasa melalui tulisan dengan tata cara tersendiri.

Hal-hal tersebut tidaklah salah, namun sastra ternyata merupakan bahasa serapan dari Sanskertas yaitu, ‘shastra’ yang artinya teks berisi instruksi atah pedoman. Sementara itu, di Indonesia kata kesusastraan memiliki arti sebagai tulisan dengan makna tertentu.

Ada banyak yang dapat dipelajari dari kesusastraan atau ilmu sastra, salah satunya adalah roman. Mungkin beberapa orang tidak asing dengan istilah roman, dan juga mungkin beberapa orang sudah paham benar mengenai pengertian dari roman.

Roman adalah suatu hasil karya sastra dalam bentuk prosa yang menceritakan mengenai karakter atau watak dari seorang tokoh.

Hasil karya sastra ini sengaja dibuat untuk menampilkan perjalanan hidup suatu tokoh dan cerita tersebut biasanya saling berhubungan atau memiliki urutan kejadian yang diutarakan oleh si pengarang dalam roman tersebut.

Tokoh Jasin berpendapat bahwa roman adalah cerita mengenai seluruh kehidupan seorang tokoh, dari mulai masa kecilnya hingga tokoh tersebut meninggal.

Disamping itu, Goethe menyatakan pendapat yang bertolak belakang dengan Jasin. Menurut Goethe, roman adalah cerita yang sifatnya subjektif karena pengarang menggambarkan dunia berdasarkan sudut pandangnya sendiri.

Lebih lanjut Goethe menjelaskan bahwa roman adalah hasil karya sastra dengan gambaran peristiwa yang hampir tidak mungkin terjadi di kehidupan nyata.

Roman mempunyai beberapa ciri-ciri yang membedakannya dengan karya sastra lainnya, yaitu :

  1. Roman disajikan dengan alur cerita yang rumit.
  2. Roman menceritakan perjalanan kehidupan seorang tokoh dari mulai masa kelahirannya hingga tokoh tersebut meninggal dunia.
  3. Roman menceritakan kisah perjalanan seorang tokoh dengan detail.

Di dalam karya sastra, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan novel. Berikut ini  ada beberapa perbedaan antara roman dan novel hasil karya yang hampir mirip, yaitu :

  1. Novel alur ceritanya berfokus kepada suatu peristiwa besar yang terjadi dalam kehidupan tokoh, sementara roman alur ceritanya mendalam mengenai kehidupan tokoh tersebut.
  2. Novel merupakan cerita yang penyajiannya lebih panjang dibandingkan cerpen, namun lebih pendek jika dibandingkan dengan roman.
  3. Dalam penulisannya, novel menggunakan banyak realitas eksternal mengenai peristiwa historis, sedangkan roman menceritakan tokoh-tokoh dengan peristiwa yang fiktif.

Roman juga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan dengan penggambaran utama dalam cerita menurut Ruttkowski dan Reichman (1994), sebagai berikut :

  1. Roman dunia / raumroman

Roman ini menggambarkan suatu dunia melalui penyajian alur ceritanya.

  1. Roman tokoh / figureroman

Roman jenis ini menggambarkan suatu tokoh atau beberapa tokoh dalam cerita, sehingga titik fokusnya tidak hanya pada satu tokoh.

  1. Roman tindakan / handlungsroman

Roman ini menceritakan suatu tindakan atau perilaku dari tokoh yang menarik sebagai respon dari suatu kejadian.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai pengertian roman, ciri-ciri roman, perbedaan roman dengan novel, hingga jenis-jenis roman berdasarkan dengan penggambaran utama dalam cerita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk memperluas pengetahuan mengenai roman ya!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *