Pengertian Sublimasi : Proses dan Contoh

Pengertian Sublimasi : Proses dan Contoh – Tahukah anda apa yang dimaksud dengan sublimasi? Sebuah teori yang digunakan dalam narasi ilmu fisika dan kimia modern.

Pengertian Sublimasi : Proses dan Contoh
Pengertian Sublimasi : Proses dan Contoh

Jika Anda penggiat ilmu ini, tentu kata sublimasi tidak lagi asing di telinga. Persoalannya adalah masih banyak orang bahkan siswa yang tidak mengetahui secara pasti tentang pengertian sublimasi.

Tentu kita bertanya-tanya seputar pembuatan kapur barus yang katanya mengandung unsur sublimasi. Di sini ada yang namanya pemuaian dan pendinginan. Bagaimana cara menjelaskan hubungan-hubungan kimiawi tersebut?

Maka dari itu, pada artikel berikut ini kami coba menjelaskan sublimasi secara definitif. Semoga bisa menjadi tambahan ilmu utamanya untuk para pembelajar fisika kelas tinggi. Silakan disimak semoga ada manfaatnya.

Pengertian Sublimasi

Pengertian Sublimasi merupakan etimologi kata di dalam bidang kimia yang identik dengan zat dan perubahan zat. Selain itu, pengertian sublimasi juga disematkan pada aktivitas pertukaran proses zat-zat kimiawi.

Dari segi perubahan zat, sublimasi bisa dimaknai sebagai berpindahnya gas menjadi zat padat atau sebaliknya, dari benda padat menjadi gas.

Perubahan ini ditentukan oleh suhu tertentu. Jika benda padat diletakkan pada suhu tinggi maka dia akan berubah menjadi gas. Sedangkan jika gas diletakkan pada suhu rendah dia akan mengubah wujudnya menjadi padat.

Proses Sublimasi

Jika benda padat dipanaskan, maka dia akan berubah menjadi gas. Hal ini disebabkan adanya pemuaian yang muncul dari benda tersebut. Sedangkan kalau gas didinginkan, dia akan berubah menjadi padat karena gas tidak mengalami pemuaian alias membeku.

Contoh Proses Sublimasi

Contoh proses sublimasi yang lumrah terjadi adalah pembuatan kapur barus. Kapur barus dibuat menggunakan dua bahan baku yaitu kapur barus dengan arang.

Pada proses awal, dua bahan ini dipanaskan sampai kapur barus memuai. Setelah selesai, baru kedua bahan didinginkan untuk mengubahnya kembali menjadi benda padat.

Itulah pengertian sublimasi yang saya jelaskan secara singkat dan padat. Semoga menjadi tambahan ilmu bagi anda yang ingin belajar serius tentang definisi atau pengertian teori-teori fisika maupun kimia kontemporer.

Baca Juga : Pengertian Slogan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *