Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM)

Pengertian sumber daya manusia merupakan unsur terpenting dan wajib ada di dalam organisasi. Karena dengan adanya elemen ini, tujuan organisasi bisa tercapai.

Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM)
Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM)

Bahkan di dalam teori manajemen, unsur sumber daya manusia lebih dibutuhkan dibandingkan elemen lain, seperti modal, teknologi dan selainnya. Karena tanpa manusia, semua unsur yang disebutkan itu tidak akan bekerja dengan baik.

Pengertian Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah orang yang bekerja di dalam sebuah organisasi. Fungsinya adalah menjadi aset perusahaan yang harus terus dilatih dan dikembangkan. Semakin produktif SDM, kesuksesan organisasi juga semakin besar.

Secara umum, pengertian sumber daya manusia dibagi menjadi dua, yaitu SDM makro dan SDM Mikro. SDM makro adalah semua orang di satu wilayah yang bekerja. Sedangkan SDM Mikro adalah pekerja yang bernaung di bawah lembaga atau perusahaan.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Selain tentang pengertian sumber daya manusia, kita juga mengenal manajemen sumber daya manusia. Sebuah teori yang bisa membantu sumber daya manusia bekerja dengan baik demi efisiensi dan efektifitas perusahaan.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia adalah sistem kerja yang membantu perusahaan dalam mengurus masalah SDM-nya. Hubungannya terkait dengan pengembangan, pemeliharaan dan pelatihan para pekerja agar mendukung sepenuhnya terhadap tujuan perusahaan.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Ahli

Pengertian manajemen SDM juga dijelaskan oleh para ahli. Berikut uraian lengkapnya, yaitu:

1. Mulia Nasution

Menurut ahli ini, manajemen SDM adalah aktivitas perencanaan, pengarahan dan koordinasi sumber daya manusia dengan sumber yang lain.

2. Tohardi

Sedangkan menurut Tohardi, manajemen sumber daya manusia adalah pengelolaan emosi, perilaku, bakat, kreativitas, pengetahuan pekerja supaya bisa diterapkan demi tercapainya tujuan perusahaan.

Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pengembangan sumber daya manusia ditentukan oleh kebijakan perusahaan atau lembaga. Karena ini terkait dengan strategi dan taktik usaha dalam memecah persaingan.

Jika pun dilakukan pengembangan SDM, rujukan perusahaan harus jelas. Karena ini terkait dengan efisiensi kerja dan biaya. Pada umumnya ada tiga sasaran pengembangan manajemen sumber daya manusia, yaitu:

  1. Pengembangan kepemimpinan
  2. Tujuan strategis Perusahaan
  3. Menutup kesenjangan kompetensi antara karyawan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian sumber daya manusia. Dari sini, semoga pembaca menjadi paham betapa pentingnya unsur tersebut bagi perusahaan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *