Pengertian Syair dan Contohnya

Pengertian Syair dan Contoh Syair – Kalo kamu bosen, biasanya kamu ngapain ? denger music atau maen handphone ? basi dong, semua orang juga kayak gitu, mendingan kamu membaca buku deh atau sastra lain yang membangkitkan imajinasi kamu, contohnya kayak syair.

Pengertian Syair dan Contoh Syair
Pengertian Syair dan Contoh Syair

Kalo mau peringkat membaca masyarakat kita menanjak ya harus dimulai dari diri kita sendiri, dan kemudian lingkungan kita akan terpengaruh, ohiya tadi saya nyinggung masalah syair, nah selain sastra ini mengharuskan kita membaca, kita juga akan terpesona dengan rangkaian kata – kata yang membuat kita terbawa suasana loh ! tapi kamu tau gak syair itu apa ?

Pengertian Syair

Ah ! jaman sekarang mah banyak yang gak paham, nih ya menurut KBBI, Pengertian Syair adalah puisi lama yang tiap – tiap bait terdiri atas empat larik (baris) yang berakhir dengan bunyi yang sama, atau dapat dikatakan sebagai sajak dan puisi.

Nah secara pengertian dapat dikatakan bahwa syair atau puisi adalah sastra yang membangkitkan kesadaran imajinatif terkonsentrasi pengalaman atau respons emosional tertentu melalui Bahasa yang dipilih dan diatur untuk maknanya, suaranya, dan ritmenya.

Nah ! jelas banget dah tuh pengertian mengenai syair atau puisi, jadi buat apa kita melakukan hal yang gak bermanfaat ? mendingan kita membaca sastra khususnya syair atau puisi, sehingga kecerdasan imajinatif dan emosional kita terangsang dengan baik.

Kemudian syair atau puisi merupakan bentuk sastra, dimana kita merangsang otak dan hati kita agar dapat mengekspresikan suatu maksud dengan Bahasa yang kita pilih, sesuai dengan pengertian yang telahs saya jelaskan diatas, inilah keunikannya, membuat kita berpikir dalam membuatnya dan juga membuat orang berpikir ketika mendengarkan dan merasakan emosinya sehingga menjadi sesuatu yang berbeda dibandingkan sastra lainnya.

Contoh Syair

Nah kita udah tau kan apa itu sastra, sekarang adalah saatnya untuk memberikan kamu sebuah contoh dari syair atau puisi yang merupakan karya anak bangsa, dimana dia adalah salah satu panutan saya dalam menulis dan juga mengekspresikan emosi da nisi hati dalam sebuah karya yang indah dan dapat dinikmati oleh orang banyak, berikut adlaah contohnya :

Untukmu

Karya : Fiersa Besari

Yang pernah datang dan mengubah segala rencana

Yang pernah menghentikan segala gundah gulana

Untukmu..Yang pernah menjadikan hari – hariku kembali berwarna

Yang pernah membuatku kembali percaya pada renjana

            Maaf .. Atas segala hal kecil yang membuatmu marah

            Atas niat baikku yang selalu kau pandang salah

Aku tak pernah mengerti..Kenapa bagimu pergi selalu mudah ?

Sementara, bagiku..Meninggalkanmu adalah hal paling susah

Kita berubah..Dari kekasih yang saling berjuang

Menjadi sepasang musuh yang saling berperang..

Tanpa kita sadari.. Kisah kita hangus jadi arang

Dan kita tidak punya lagi jalan pulang

Terimakasih.. Karenamu, aku belajar membuka hati

Untuk saling memberi arti

Karenamu juga, aku belajar berbesar hati

Untuk melihat perasaanmu mati..

Yap ! jangan nangis ya bacanya ! semoga suka dengan isi dari artikel ini, dan semoga juga ya artikel ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih mengenai sastra sehingga dapat meningkatkan minat baca kamu, karena baca gak harus baca buku, yang penting ada huruf dan huruf itu akan menjadi kata yang memiliki makna. Sekali lagi terimakasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *