Pengertian Urbanisasi

Pengertian Urbanisasi – Kehidupan di daerah pedesaan selama ini identik dengan suasana yang sepi dan tidak padat penduduk. Sementara itu, berbanding terbalik dengan stigma yang terbentuk dari kehidupan di daerah perkotaan, dimana menggambarkan suasana yang amat ramai.

Pengertian Urbanisasi
Pengertian Urbanisasi

Perbedaan suasana tersebut dapat disebabkan oleh perbedaan jumlah penduduk di daerah pedesaan dan perkotaan. Seiring berkembangnya suatu wilayah dan suatu negara menjadi lebih maju pun dapat mendorong pindahnya para penduduk desa ke kota.

Mungkin kamu yang tinggal di daerah pedesaan bisa menyaksikan sendiri tetanggamu yang pindah ke daerah perkotaan setelah lebaran untuk mencari pekerjaan?

Atau mungkin kamu yang tinggal di derah perkotaan mendapati tetangga baru yang berasal dari desa? Perpindahan para penduduk dari daerah pedesaan ke perkotaan itu biasa disebut dengan urbanisasi. Terkait maraknya fenomena urbanisasi ini terjadi, berbagai macam ahli pun mengutarakan pendapatnya masing-masing:

Dr. Herlianto

menyatakan bahwa urbanisasi adalah proses yang dialami manusia dari bentuk kehidupan agraris pedesaan menjadi kehidupan industri perkotaan.

H De Goede

Menyatakan urbanisasi sebagai akibat dari pengaruh perkotaan terhadap daerah pedesaan dari berbagai segi seperti ekonomi, sosial, psikologi, politik, dan kebudayaan.

Bintarto

Bintarto memiliki tiga macam pandangan terkait urbanisasi, yaitu:

  1. Meningkatnya jumlah dan kepadatan penduduk daerah perkotaan.
  2. Bertambahnya jumlah kota dalam suatu negara atau wilayah.
  3. Berubahnya kehidupan atau suasana desa menjadi kehidupan atau suasana kota.

Tingkat urbanisasi biasanya diukur dari persentase penduduk yang tinggal di daerah perkotaan. Berbagai studi yang ada mengatakan bahwa salah satu hal yang mempengaruhi tingkat urbanisasi adalah tingkat kesejahteraan penduduk di suatu negara.

Baca Juga :

Semakin tinggi tingkat perekonomian suatu negara atau semakin tinggi tingkat kesejahteraan masyarakat, semakin tinggi pula tingkat urbanisasinya. Padahal, sama seperti perihal lain dalam kehidupan, urbanisasi yang terlalu tinggi juga memiliki dampak negatif seperti ketidakmerataan jumlah penduduk di suatu negara hingga terlalu padatnya penduduk di suatu wilayah.

Nah, sekarang kita sudah lebih memahami tentang urbanisasi. Bagaimana dengan daerahmu? Apakah daerahmu juga salah satu yang mengalami fenomena urbanisasi?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *