Pengertian Vertikultur, Jenis dan Manfaatnya

Pengertian Vertikultur, Jenis dan Manfaatnya – Pada pembahasan kali ini, saya akan menjelaskan tentang, apa sebenarnya Vertikultur itu. Mungkin, pada sebagian orang ada yang tidak asing dengan  istilah Vertikultur tersebut. Namun, tidak memungkiri bahwa ada beberapa pula yang belum mengerti. Mari kita simak pembahasan kali ini.

Pengertian Vertikultur, Jenis dan Manfaatnya
Pengertian Vertikultur, Jenis dan Manfaatnya

Pengertian Vertikultur sebenarnya berasal dari bahasa inggris, yaitu vertical yang berarti tegak lurus atau menurun dan culture yang berarti pemeliharaan. Sehingga secara garis besar, Vertikultur adalah sistem pertanian yang dilaksanakan secara vertikal atau bertingkat pada skala indoor maupun outdoor. Namun pada umum nya, vertikultur dilakukan menggunakan bangunan atau model wadah tertentu untuk penanamannya.

Pengertian Vertikultur

Dalam sejarah ny, teknik penanaman Vertikultur dikenalkan oleh sebuah perusahaan benih yang berada di Swiss pada tahun 1944 yang merujuk pada sebuah ide Vertical Garden. Kemudian vertukultur mulai berkembang dan merajalela di negara Eropa yang memiliki iklim sub-tropis.

Beragam jenis tanaman dapat ditanam dengan cara Vertikultur, mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, dan tanaman hias. Namun dengan syarat, tanaman yang ditanam memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Berumur pendek (semusim) dan memiliki pekarangan yang tidak terlalu luas. Juga sebaiknya, dalam melakukan sistem tanam vertikultur sebaiknya diharapkan dengan penerapan budidaya bebas pestisida dan menggunakan biopestisida, ya.

Nah, Vertikultur juga memiliki beragam manfaat, diantaranya :

  1. Lebih bersifat psikologis
  2. Memenuhi kebutuhan rohani
  3. Mendamaikan/menentramkan kebutuhan si penanam
  4. Kaya akan sumber vitamin dan mineral karena terhindar dari bahan kimia.
  5. Sebagai sumber protein nabati
  6. Berdampak pada fungsi fisiologi tubuh
  7. Memaksimalkan pemanfaatan sampah baik organik maupun non organik, karena digunakan sebagai bahan vertikultur.

Nah kawan-kawan, Vertikultur juga memiliki beragam jenis nya, diantara nya :

  1. Vertkultur Vertikal

Pada vertikultur jenis ini biasanya menggunakan penopang yang kokoh dan berbentuk silinder yang dapat berdiri tegak pada lahan yang menggunakan paralon atau kayu yang di berdirikan dengan tegak pada lahan kemudian pada sisi penopang tersebut ditambahkan wadah penanaman seperti gelas bekas air mineral.

  1. Vertikultur Horizontal

Vertikultur Horizontal adalah vertikultur yang disusun secara bertingkat seperti rak atau tangga. Wadah penanaman yang digunakan dapat berupa batang pisang, rak yang dikombinasikan dengan karung bekas, kaleng bekas dan lain-lain.

  1. Vertikultur Gantung

Vertikultur gantung adalah vertikultur yang cara peletakkan wadah penanamannya yaitu dengan digantung pada atap bangunan menggunakan tali atau kawat. Wadah penanaman biasanya berupa botol bekas, pot dan ditanami tanaman hias yang menambah nilai estetika area tersebut. Vertikultur jenis ini sering terlihat diteras-teras rumah atau pekarangan.

  1. Vertikultur Susun

Pada Vertikultur jenis ini, ia hampir mirip dengan jenis vertikultur jenis vertikal. Bedanya, vertikultur susun umum nya berupa pot-pot yang disusun secara vertikal tanpa penopang layak nya vertikultur vertikal.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *