Pengertian Zaman Batu

Pengertian Zaman Batu – Progresifitas zaman terus bergerak dinamis. Bahkan, sebelum ada zaman modern, sebelumnya sudah ada zaman kuno yang disebut zaman prasejarah.

Pengertian Zaman Batu
Pengertian Zaman Batu

Yang mana di masa tersebut, kehidupan masyarakat masih primitif. Kebudayaan juga sangat sederhana. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari beserta sarana dan prasarananya, mereka memanfaatkan alam sekitar. Zaman inilah yang disebut prasejarah atau zaman batu.

Sekalipun hidup secara sederhana, masyarakat di zaman batu sudah dikenal sebagai masyarakat berpikir. Karena mereka masih berusaha untuk menjaga eksistensi kehidupannya dengan cara beradap. Mereka juga mampu membuat alat alat penunjang yang kesemuanya terbuat dari batu.

Pengertian Zaman Batu

Nah, berikut ini kami akan menjelaskan tentang pengertian zaman batu yang lebih lengkap, yaitu:

1. Pengertian Umum

Definisi zaman batu secara umum adalah suatu masa prasejarah di mana masyarakatnya sudah mampu membuat alat pemotong dan senjata dengan menggunakan bahan batu.

2. Pengertian Khusus

Sedangkan pengertian yang lebih detil, zaman batu adalah zaman dimana masyarakatnya tidak hanya mampu membuat alat dari batu tetapi sudah memiliki pengetahuan budaya yang luas seperti cara bertani, membuat tembikar, mengasah alat dan peternakan.

Periode Jaman Batu

Menurut ahli sejarah dan arkeologi, zaman batu dibagi menjadi 4 masa. Yang dikenal dengan istilah palaeolithikum, mesolithikum, neolithikum, dan megalithikum. Berikut penjelasan yang detil, yaitu:

1. Palaeolithikum

Palaeolithikum adalah zaman batu tertua. Di masa ini, kehidupan masyarakat sangat sederhana. Pemenuhan kebutuhan harian mereka hanya bergantung pada alam. Selain itu, mereka tidak pernah menetap di satu tempat dalam waktu lama.

2.  Mesolitikum

Di zaman mesolitikum, masyarakat masih menggantungkan kehidupan pada alam dengan berburu menggunakan senjata dari batu yang tidak diasah dan kasar. Namun, di masa ini, sebagian sudah menetap di gua, sebagian masih berpindah pindah tempat.

3. Neolitikum

Di zaman neolitikum, masyarakat sudah mulai beradap. Mereka sudah bisa mengasah peralatan untuk berburu. Selain itu, rumah-rumah kayu sudah terbangun dan mereka mulai hidup berkelompok atau bermasyarakat.

4. Megalitikum

Zaman prasejarah periode terakhir adalah megalitikum atau zaman batu besar. di zaman ini, masyarakat sudah bisa membuat bangunan tinggi menggunakan batu-batu yang besar. Tentunya dengan cara teramat sederhana dan tradisional.

Demikian pengertian dan definisi zaman batu. Semoga menambah wawasan keilmuan kita semua. Terutama yang tertarik dengan historis atau sejarah maupun ilmu tentang peradaban sosial manusia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *