Mengulas Mengenai Persyaratan Media Tanam Hidroponik dan macamnya

Persyaratan Media Tanam Hidroponik  – Menanam tanaman dengan cara hidroponik kini kian gencar dan sangat menarik untuk ditilik karena prospek dan hasil yang sangat baik.

Mengulas Mengenai Persyaratan Media Tanam Hidroponik dan macamnya
Mengulas Mengenai Persyaratan Media Tanam Hidroponik dan macamnya

Metode tanaman ini memang sudah tidak dianggap baru di Indonesia namun masih banyak orang yang beranggapan menanam dengan cara ini sangat sulit dan tidak akan mungkin bisa dilakukan oleh yang tidak ahli di dalamnya.

Namun, bagi Anda yang sangat berminat untuk terjun di dunia ini sangat perlu memperhatikan beberapa persyaratan media tanam hidroponik yang kini kian mudah ditemui di toko pertanian.

Metode hidroponik sangat baik digunakan di tempat yang memiliki kebutuhan sumber air yang terbatas karena jumlah air yang dibutuhkan media ini terbilang sedikit dibandingkan kebutuhan air untuk tanaman yang ditanam di tanah.

Mengembangkan Tanaman yang Cocok untuk metode hidroponik

Tanaman yang sangat pas untuk ditanam dengan cara hidroponik memang seringkali digunakan untuk budidaya tanaman sayuran maupun buah-buahn. Sayuran yang menjadi primadona dengan menggunakan metode ini meliputi, tanaman sawi, selada, kangkung dan sayuran berjangka pendek lainnya.

Selain itu, sayuran buah-buahan juga tidak kalah menarik untuk dijadikan pilihan budidaya metode hidroponik meliputi, tomat, cabai dan lain sebagainya.

Memilih Media Hidroponik

Anda berminat untuk melakukan budidaya dengan cara hidroponik? Tidak semua media menjadi media tanam dengan menggunakan cara hidroponik.

Hal ini tentu saja berkaitan dengan daya serap sekaligus hubungannya dengan kemampuan media tanam mengandung ragam nutrisi yang diperlukan tanaman.

Terdapat beberapa persyaratan media tanam hidroponik yang perlu Anda ketahui, meliputi, kemampuan menyimpan segala kebutuhan akar tanaman untuk proses pertumbuhannya seperti, oksigen, zat hara/nutrisi dan air, ramah terhadap lingkungan, memiliki kemampuan untuk menjaga kelembapan tetap stabil dan kemampuan sistem drainse yang optimal atau bagus.

Beberapa media tanam yang memenuhi persyaratan media tanam hidroponik

  • Sekam Bakar

Bagian terluar biji padi yang telah terlepas dari bijinya dikenal dengan nama sekam. Sekam yang dianggap memiliki kriteria persyaratan media tanam hidroponik di atas adalah sekam yang telah melewati proses pembakaran.

Selain itu, keuntungan media tanam ini murah dan sangat memudahkan pergerakan akar untuk tumbuh bebas, memiliki bobot yang sangat ringan dan terbebas dari bibit penyakit.

Nah, media ini bisa menjadi pilihan untuk menanam beragam sayuran cantik di rumah Anda.

  • Rockwool

Media tanam hidroponik yang memiliki kemampuan baik untuk menumbuhkan beragam tanaman sayuran ialah Rockwool. Media ini terbuat dari batuan yang meleleh dari gunung api.

Lelehan tersebut membentuk sekumpulan mirip busa yang sangat ramah terhadap lingkungan. Media ini bisa menjadi alternatif bagi Anda.

Baca Juga :

Media tanam selain dua hal di atas dapat Anda gunakan sabut kelapa, batu kerikil dan spons yang sudah dianggap memiliki persyaratan media tanam hidroponik yang baik.

Sabut kelapa dipilih karena memiliki simpanan air dan memiliki kandungan zat nutrisi yang diperlukan tanaman meliputi, fosfor, kalsium, natrium dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai syarat maupun beragam media tanam yang sesuai dengan metode hidroponik. Selamat mencoba!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *