Yuk Cari Tahu Jenis – Jenis Mie Yang Populer Di Indonesia Dan Mancanegara Sebagai Objek Wisata Kuliner

Siapa di dunia ini yang tak suka dengan sajian bernama mie ? Mie merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digemari oleh anak – anak dan sekarang ini cukup populer di Indonesia, bahkan di dunia terutama negara – negara Asia.

Mie dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang bercita rasa lezat sebagai pengganti nasi yang banyak dikonsumsi oleh orang dan bisa bermanfaat sebagai kudapan ringan menjelang makan besar atau pada waktu senggang.

Meskipun sudah sangat populer, apakah anda tahu kalau ada banyak jenis mie yang dikenal sebagai jajanan pasar dengan cita rasa masakan resto tetapi mempunyai harga yang terjangkau ?

Nah, kali ini kami akan membahas tentang beberapa jenis mie yang sering dikonsumsi di Indonesia.  Jika anda merasa tertarik maka silahkan membaca ulasan singkat dari kami tersebut di bawah ini :

  • Mie Telor

Mie telor atau mie telur terbuat dari bahan berupa tepung terigu berjenis hard wheat yang diolah dengan telur ayam / bebek sebagai campurannya. Mie telur biasanya tersedia dalam kondisi kering berbentuk keriting bulat maupun pipih. Kebanyakan mie instan memakai mie jenis ini. Mie ini sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan mi goreng.

  • Kwetiauw

Kwetiauw atau biasa disebut dengan rice stick noodles adalah mie yang terbuat dari tepung beras dan air. Di pasaran, anda bisa menemukan mie jenis ini dalam kondisi basah maupun kering. Bentuknya yang pipih dan berwarna sedikit bening menjadikannya sebagai mie yang khas dan mudah dikenali oleh orang awam.

  • Udon

Mie asal Jepang yang satu ini mirip dengan ramen. Mie yang terbuat dari bahan tepung terigu ini berbentuk tebal dan agak lebar. Di Jepang, udon adalah makanan rakyat, berharga murah, dan banyak dimakan sebagai pengganti nasi.

  • Misoa

Mieshoa adalah mie asal Cina. Mie shoa terbuat dari bahan tepung beras, berwarna putih terang, sangat mudah matang, dan dapat digunakan dengan langsung di dalam masakan seperti sup atau sebagai snack seperti misoa goreng.

  • Bihun

Bihun terbuat dari tepung beras, warnanya putih bersih, dan teksturnya sangat lembut. Mie ini mudah matang, jadi anda tak perlu merebus terlalu lama, direndam dalam air panas sudah cukup. Biasanya dijual dalam bentuk kering dalam kemasan plastik. Cocok dipakai sebagai isi sup dan bihun goreng.

  • Ramen

Ramen adalah masakan mie kuah khas Jepang yang berasal dari Tiongkok. Orang Jepang menyebut ramen sebagai chuka soba atau shina soba karena soba atau o – soba dalam Bahasa Jepang berarti mie. Mie ini biasanya berwarna kuning dan dibuat dari terigu dengan kadar gluten tinggi diberi tambahan air.

  • Mie Hokkien

Mie hokkien, atau sering disebut juga dengan mie hongkong, merupakan mie yang mirip dengan mie telur dengan bentuk bulat dan halus. Mie hokkien biasanya tersedia dalam kondisi basah. Masakan yang paling cocok untuk mie jenis ini adalah mie goreng dan mie rebus.

Yuk, Kenalan Dengan Sajian Mie Lezat Dari Berbagai Negara Di Dunia

Diantara semua hidangan yang dikenal oleh dunia kuliner, mie adalah salah satu yang paling populer. Hampir masing – masing negara, bahkan setiap daerah memiliki resep mie tersendiri. Tentu saja, dengan perkembangan kuliner yang semakin maju maka anda tidak perlu jauh – jauh pergi ke luar negeri hanya untuk mencicipi mie otentik dari suatu daerah di sana.

Resep mie Nusantara dianggap sebagai salah satu yang terlezat di dunia. Tetapi tak ada salahnya apabila anda mau mengenali hidangan mie terbaik dari negara – negara tetangga sebagai objek wisata kuliner. Berikut ini ada beberapa di antaranya, dilansir dari berbagai sumber.

Pad Thai – Thailand

Rata – rata mie di Asia pada umumnya menggunakan bihun dan disajikan bersama dengan kuah, pad thai justru menyerupai mie goreng. Biasanya hidangan ini terdiri dari mie,  telur,  tahu,  air asam, kecap ikan,  gula aren, udang kering, bawang putih, bawang merah dan udang basah atau ayam. Sebelum disajikan, pad thai dilengkapi dengan beragam bahan penyedap lainnya seperti jeruk nipis, kacang cincang, ketumbar, tauge, dan cabai.

Saimin – Hawaii

Saimin berkembang sebagai makanan cepat saji terpopuler pertama kali di Hawaii. Kini makanan tersebut menjadi makanan pokok khas kaki lima. Saking populernya, saimin mudah sekali ditemui di menu McDonalds Hawaii. Saimin merupakan perpaduan kuliner Hawaii dan China dimana semangkuk hidangan ini berisi mie telur, dashi (kaldu ala Jepang), bawang daun, dan pelengkap sesuai selera.

Khao Poon – Laos

Mirip dengan pho, khao poon juga termasuk sebagai sup bihun beras yang disajikan dengan campuran beraneka rempah. Biasanya diolah dengan memakai campuran ayam giling, ikan, atau daging babi dan dibumbui dengan rempah khas Laos seperti daun jeruk, lengkuas, bawang putih, bawang merah, cabai Laos, dan perilla. Khao poon dikenal terdiri dari berbagai versi. Ada khao poon nam phik yang menggunakan santan kental seperti laksa, khao poon nam jaew yang lebih bening, dan khao poon nam par dengan saus ikan.

Fideua – Spanyol

Mei memang lebih identik dengan budaya Asia. Namun Spanyol ternyata memiliki sajian mie yang lainnya. Salah satunya adalah fideua, mie seafood porsi besar dari daerah pantai Valencia. Mirip dengan paella, namun menggunakan pasta. Fideua lahir di Kota Gandia. Di sini diselenggarakan kontes memasak fideua terlezat yang diikuti oleh juru masak lokal setiap tahunnya.

Kuy Teav – Kamboja

Dari Kamboja ada kuy teav, mie pipih dari beras yang sangat populer sebagai hidangan sarapan pagi. Kekuatan rasa sup bihun ini bukan berasal dari kuah kaldunya yang kental, melainkan dari rempah – rempah pelengkap yang baru ditambahkan sesaat setelah diangkat sebelum makanan disajikan. Ada perasan jeruk nipis, daun selada, tauge, bawang merah, ketumbar, kemangi, lada, dan minyak bawang putih yang menjadi penambah lezat rasa kuy teav.

Pho – Vietnam

Jika membicarakan tentang kuliner Vietnam, tentu belum lengkap tanpa menyebutkan pho. Pho adalah hidangan nasional khas negara ini. Warga Vietnam menyantap sup mie yang terbuat dari beras ini untuk sarapan, makan siang, atau malam. Di kota – kota seperti Hanoi dan Ho Chi Minh, pho biasa dijajakan di kedai kaki lima yang mudah ditemui diberbagai sudut kota. Keistimewaan pho terletak pada kuahnya yang kaya akan bumbu, antara lain jahe, adas, ketumbar, saus ikan, dan saus hoisin. Pelengkapnya antara lain kemangi, mint, daun bawang, cabai, tauge, dan perasan jeruk nipis segar.

Semoga anda suka dan bermanfaat !

Baca Juga : Cara Memperbaiki Crawl Errors

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *